Jakarta (ANTARA) - PT Datascrip Indonesia selaku distributor tunggal produk pencitraan digital Canon, menghadirkan kamera multifungsi Canon ME20F-SH dengan sensitivitas cahaya maksimum mencapai IS0 4 juta.

Canon ME20F-SH yang dijual dengan format body only, dijual dengan harga 30.000 dolar AS atau setara Rp423,5 juta.

Assistance Director Canon Marketing Division PT Datascrip Indonesia, Sintra Wong mengungkapkan kamera itu dapat merekam gambar di kondisi yang sangat gelap, bahkan ketika mata manusia tidak bisa melihat objek tersebut.

"Kamera dengan kemampuan sensitivitas cahaya yang sangat tinggi ini dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Seperti saat mengambil gambar alam liar di malam hari, pengamatan hingga untuk sistem keamanan di mana kamera seperti CCTV tidak mampu melakukannya," ungkap dia di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu.

Baca juga: Canon resmi luncurkan seri andalan ari 1D X Mark III

Baca juga: Canon luncurkan dua printer seri Pixma baru


Kamera yang sudah diperkenalkan sejak Juli 2015 itu dibekali prosesor gambar DIGIC DV 4 dan sensor CMOS full-frame 35 mm yang mendukung video full HD dengan output resolusi 1920x1080 dan format 50p/60p.

Senior Marketing Manager Datasrip Indonesia, Yase Defrisa Cory mengatakan mereka siap diajak berkonsultasi apabila ada konsumen yang membutuhkan kamera tersebut.

"Kami juga akan melakukan diskusi terlebih dahulu. Seperti apa yang mereka butuhkan dan kamera ini akan mereka gunakan untuk apa. Karena kamera yang kita jual ini hanya body only saja," kata dia.

"Ketika konsumen sudah tahu akan digunakan sebagai apa, nanti kita sesuaikan dengan kebutuhan konsumen dari segi penggunaan lensa, eksternal recorder seperti apa, jadi benar-benar bisa kustom sesuai kebutuhan konsumen," tambah dia.
 
Hasil tangkapan gambar video dari kamera Canon ME20F-SH yang diuji dalam ruangan gelap dengan menggunakan ISO 4.000.000 (Antara News/Chairul Rohman)


Kamera yang disebut Multi Purpose camera itu punya mounting lensa EF sehingga dapat menggunakan lensa Canon seri EF dan EF-S yang biasa digunakan pada kamera DSLR milik Canon atau lensa cinema Canon.

"Dengan mounting yang sama dengan DSLR Canon, konsumen tidak perlu khawatir soal keterbatasan lensa saat menggunakan kamera ini. Di dalamnya juga sudah terdapat filter neutral density (ND) dan IR yang sudah terintegrasi di dalam kamera ini," jelas dia.

Untuk kebutuhan merekam gambar, ME20F-SH sudah dilengkapi port yang bisa digunakan, seperti 3G/HD-SDI dan HDMI untuk keperluan menyimpan data atau untuk menghubungkan ke layar eksternal saat merekam video.

Baca juga: Inilah merek-merek paling dikenal di Indonesia

Baca juga: Canon rilis dua superzoom dan tiga kamera ramah kantong

Baca juga: Canon lahirkan kamera saku dengan zoom hingga 600mm

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020