Sekolah di Tangerang galakkan gerakan cuci tangan

Sekolah di Tangerang galakkan gerakan cuci tangan

Pelajar di Kota Tangerang menerapkan pola hidup bersih dengan melakukan cuci tangan sebelum belajar. ANTARA/ Achmad Irfan

Tangerang (ANTARA) - Sekolah di Kota Tangerang merespon cepat instruksi Wali Kota untuk mensosialisasikan kepada siswa-siswanya di sekolah agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Seperti terlihat di SDN Gondrong 4 dimana para siswanya diwajibkan melakukan cuci tangan sebelum atau sesudah aktivitas di lingkungan sekolah.

“Alhamdulillah di sekolah kami selama ini telah membiasakan para murid menerapkan PHBS, seperti cuci tangan dengan sabun, buang sampah pada tempatnya, pilah sampah,” kata Kepala SDN Gondrong 4, Chustinawati, Rabu.
Baca juga: Ibu Negara sosialisasikan Gerakan Cuci Tangan di Bandung

Pembiasaan PHBS di lingkungan sekolah pun turut disambut baik oleh para murid kepada para murid di SDN Gondrong 4.

“Di sekolah kami disediain buat cuci tangan, diajarin pilah sampah sama kebiasaan PHBS,” ujar Talita Najwa Salsabila, Siswa SDN Gondrong 4.

Hal yang sama juga telah diterapkan di SMPN 6 Kota Tangerang, bahkan sebelum ada kasus Virus Corona para warga sekolah sudah dibiasakan untuk berperilaku PHBS.
Baca juga: Ibu Negara ajarkan gerakan cuci tangan kepada siswa PAUD

Kepala SMPN 6 Kota Tangerang, Maksum, menyampaikan, sebagai sekolah sehat tingkat Kota Tangerang, sekolahnya telah membiasakan untuk berperilaku PHBS, termasuk untuk melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas diluar kelas.

“Yang jelas, apapun isunya, corona dan lainnya, kami sudah membiasakan dan menerapkan PHBS pada anak-anak,” papar Kepala SMPN 6 Kota Tangerang, Maksum.

Pada prinsipnya, ada atau tidak ada kasus seperti Virus Corona saat ini, antisipasi sejak dini harus terus dilakukan. Namun jika ditemukan yang terdampak, Pemkot Tangerang meminta masyarakat untuk tetap tenang dan waspada dan bila mengalami gejala Virus Corona segera menghubungi klinik kesehatan terdekat sebelum dirujuk ke rumah sakit rujukan Kemenkes di RSUD Kabupaten Tangerang atau bisa menghubungi Call Center 0822 9997 3322, 119 atau 112.
Baca juga: 112 kampung Biak Numfor terapkan sanitasi berbasis total masyarakat
Baca juga: PPNI harapkan gerakan cuci tangan jadi prioritas

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tiket KA akhir tahun bisa dipesan secara daring

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar