30 terduga corona sudah pulang, 26 masih dirawat

30 terduga corona sudah pulang, 26 masih dirawat

Petugas pengamanan dalam (Pamdal) Kantor Wali Kota Jakarta Utara melakukan pengecekan suhu tubuh karyawan yang masuk ke gedung wali kota, Rabu (4/3/2020). (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Utara)

Jakarta (ANTARA) - Hingga Rabu ada 56 terduga terjangkit virus corona (Covid-19), 30 di antaranya sudah pulang dalam kondisi sehat, sedangkan 26 lainnya dalam pengawasan dan masih dirawat rumah sakit di Jakarta.

"Sampai hari ini 30 orang dalam pengawasan sudah pulang dalam kondisi sehat. Sementara 26 lainnya masih dirawat. Semuanya termasuk dalam 241 orang yang dipantau," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di Jakarta, Rabu.

Sebanyak 241 orang yang dipantau itu, kata Widiastuti, memiliki rincian 121 orang dalam pemantauan sudah selesai menjalani masa pemantauan dan dinyatakan sehat, sementara 120 orang dalam pemantauan masih dipantau.

Widyastuti mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan kementerian kesehatan terkait kegiatan epidemologi pada semua kasus terkonfirmasi atau kasus dalam pemantauan dan pengawasan.

"Kita perlu berkoordinasi karena kasus ini lintas batas, tinggal di luar DKI tapi dirawat di DKI Jakarta," ujar Widyastuti.

Baca juga: RSUP Persahabatan layani 199 orang sehat takut corona
Baca juga: 69 ABK Diamond Princes belum diturunkan dari KRI dr Suharso-990


Dengan berkembangnya kasus yang harus diawasi, kata Widyastuti, tentu dibutuhkan pembekalan bagi petugas di posko yang lebih banyak lagi.

"Tim mendapat penguatan tim baru dari berbagai OPD, kami tadi pagi lakukan pembekalan kepada tim baru sehingga nanti posko lebih cepat merespons pergerakan di masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya, memantau perkantoran, transportasi publik dan beberapa tempat-tempat setelah keluarnya arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyediakan pemantau suhu tubuh dan pembersih tangan.

"Sudah melaksanakan sesuai dengan hasil arahan bapak gubernur saat kemarin memberikan arahan, memasang thermal scanner dan hand sanitizer untuk lebih memberikan rasa aman kepada masyarakat karena ada deteksi terhadap pemantauan warga yang datang di tempat tempat umum," katanya.

Baca juga: PDP di RSUD Pasar Rebo baru pulang umrah

Dinas juga akan menjalankan kegiatan rutin untuk melakukan penyelidikan epidemologi kepada orang dengan pemantauan dan pasien dengan pengawasan sesuai dengan konsep wilayah.

"Bagi masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut terkait Covid-19 dapat menghubungi 112/119 atau Posko Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di nomor 081388376955," tutur Widyastuti.

Sesuai data dari Kementerian Kesehatan RI, hingga saat ini sudah ada dua orang terkonfirmasi positif virus corona.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenkes cegah COVID-19 jenis baru menular

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar