Jakarta (ANTARA) - PSSI menyampaikan tiga laga tim nasional Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia Grup G Zona Asia resmi ditunda untuk mengantisipasi wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi di sejumlah negara.

"Ada perubahan jadwal. Ini FIFA Match Day di kita tuh ada pengunduran, tadinya antara Maret dan Juni diundur menjadi Oktober," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kompolnas: Satgas Antimafia Bola idealnya berperalatan canggih

Dalam kalender resmi FIFA, Indonesia dijadwalkan bertandang ke Thailand pada 26 Maret mendatang. Lima hari setelahnya akan menjamu Uni Emirat Arab di Jakarta.

Dalam laga terakhir, Indonesia akan kembali bertandang ke Vietnam pada 4 Juni. Namun akibat wabah virus corona, FIFA mengundur jadwal pertandingan tersebut.

"iya betul ditunda dari FIFA, Oktober pelaksanaannya," kata dia.

Baca juga: Indra Sjafri tegaskan fokus sebagai direktur teknik PSSI

Dengan pembatalan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Grup G Zona Asia itu, agenda pemusatan latihan timnas Indonesia pada 16 Maret mendatang juga dipastikan batal.

Menurut Cucu, perubahan jadwal akan dimanfaatkan PT LIB untuk mengatur ulang jadwal pertandingan Liga 1 Indonesia yang mempertemukan Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya akibat adanya penundaan.

"Nah nantikan ada waktu kosong, waktu kosong itu akan kita tarik. Sehingga saat Oktober kita punya waktu luang untuk memanggil timnas sehingga tidak mengganggu jadwal liga," katanya.

Baca juga: PSSI ikuti pemerintah soal aktivitas timnas kala wabah virus corona
Baca juga: Kalah lagi, pelatih Indonesia singgung lambatnya proses naturalisasi


Sebelumnya, PT LIB menunda laga antara Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya yang rencananya digelar pada Sabtu (7/3) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Alasan penundaan itu merujuk pada surat dari Pemerintah DKI Jakarta yang tak akan mengeluarkan izin keramaian menyusul ditemukannya kasus paparan virus corona (Covid-19).

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020