Bulu tangkis

Kejuaaraan Badminton Asia 2020 dipindah dari Wuhan ke Manila

Kejuaaraan Badminton Asia 2020 dipindah dari Wuhan ke Manila

Sejumlah pemain dan pelatih tim putra Indonesia (atas, tengah, berjaket hitam) berfoto bersama tim Malaysia, Jepang, serta India usai menerima medali Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (16/2/2020). Tim putra Indonesia juara setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1. ANTARA FOTO/Humas PBSI/Nafi/APP/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan Badminton Asia 2020 yang sedianya digelar di Wuhan, China, terpaksa dipindahkan ke Manila, Filipina imbas dari virus corona yang mewabah di Negeri Tirai Bambu itu.

Pilihan relokasi tersebut harus dilakukan oleh Federasi Bulu Tangkis Internasional (BWF), sebab Kejuaraan Badminton Asia 2020 yang berlangsung pada 21-26 April itu merupakan babak kualifikasi terakhir menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

Baca juga: Dua turnamen bulu tangkis Eropa ditunda terkait virus corona

Demi menjamin keikutsertaan setiap atlet dalam turnamen tersebut, BWF pun telah berkomunikasi dengan otoritas setempat serta Asosiasi Bulu Tangkis Filipina (PBA) agar tak lagi membatasi sebagian negara serta menjamin persetujuan visa bagi seluruh pemain yang berpartisipasi.

"Kami menjamin persetujuan visa untuk seluruh pemain dan ofisial sehingga mereka bisa masuk ke Manila untuk mengikuti turnamen penting dan bergengsi ini," demikian pernyataan BWF dilansir laman resmi, Rabu.

"Kami berterima kasih kepada Presiden Asosiasi Bulu Tangkis Filipina yang telah bekerja sama dengan pemerintah Filipina untuk membantu soal masalah ini."

Baca juga: Corona paksa China mundur dari kejuaraan badminton beregu Asia

Sebelumnya, pada ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) yang digelar di Manila pada 11-16 Februari lalu, tim China dan Hong Kong memutuskan menarik diri setelah pemerintah Filipina melarang para pemain dari dua negara tersebut memasuki wilayah mereka karena kekhawatiran penyebaran virus corona.

Namun, Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) telah mengonfirmasi bahwa para pemainnya dinyatakan bebas dari virus COVID-19 dan siap untuk kembali bertanding pada beberapa turnamen kualifikasi tersisa. Bahkan, saat ini mereka telah berada di Inggris untuk tampil di All England 2020 yang akan berlangsung 11-15 Maret.

Baca juga: China Masters ditunda, Kejuaraan Asia ditinjau ulang
 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penonton harapkan Indonesia raih tiga gelar di Indonesia Masters

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar