Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hingga kini belum ada perubahan agenda terkait kunjungan Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda ke Indonesia menyusul penyebaran virus corona (COVID-19) di Tanah Air.

"Kunjungan ini merupakan undangan dari Presiden Joko Widodo dan kunjungan pertama mereka dalam 25 tahun terakhir," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Raja dan Ratu Belanda dijadwalkan berada di Indonesia ada 10-13 Maret 2020 dan melakukan kunjungan ke Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Utara.

"Pada tanggal 13 Maret Raja dan Ratu dijadwalkan berkunjung ke kawasan wisata Danau Toba seharian. Karena itu kami juga melakukan koordinasi persiapan kunjungan tersebut," kata Luhut.

Baca juga: Menko Luhut sebut bisa jadi Indonesia 'super power' energi hijau

Raja dan Ratu dijadwalkan mengunjungi beberapa spot wisata budaya dan juga akan berlayar mengelilingi Danau Toba.

Oleh karena itu, Luhut menggelar rapat koordinasi penataan kawasan Danau Toba sekaligus untuk mengecek persiapan menyambut Raja dan Ratu Belanda di destinasi pariwisata tersebut.

Turut hadir dalam rakor tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio serta Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah.

Kunjungan kenegaraan raja dan ratu Belanda atas undangan Presiden Joko Widodo ini difokuskan pada penguatan kemitraan dan kerja sama bidang ekonomi, konservasi alam, budaya, sains, dan sejumlah sektor lain yang meneguhkan keterikatan erat kedua bangsa.

Baca juga: Luhut: Tokoh dunia ikut bangun ibu kota baru demi kepercayaan investor

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020