Jakarta (ANTARA News) - Jadwal kejuaraan nasional (Kejurnas) reli mobil untuk musim lomba 2009 ditata ulang, sehingga putaran pertama yang sedianya diadakan pada 6-8 Maret 2009 di Sumatera Selatan mundur menjadi 13-14 Juni 2009 di Sumatera Utara.  
    "
Hingga sekarang belum ada konfirmasi dari pihak sponsor," kata Direktur PT Bloedus Management Indonesia (BMI), Jeffrey JP, kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.  
    
Selain itu, kata Jeffrey, pihaknya mengalami keterbatasan waktu karena jadwalnya amat berdekatan dengan waktu pemilihan umum.  
    
"Jadi putaran pertama kita usulkan saja untuk dimundurkan menjadi Juni dan konsekuensinya semua jadwal jadi ditata ulang," kata Jeffrey yang juga mantan atlet otomotif nasional.  
    
Putaran kedua yang seharusnya diadakan 12-14 Juni (Sumut) menjadi 1-2 Agustus (Balikpapan, Kaltim), putaran  ketiga 31 Juli - 2 Agustus (Kaltim) menjadi 3-4 Oktober (Sulsel) dan putaran keempat 2-4 Oktober (Sulsel) menjadi 12-13 Desember (Sumsel).
    
"Sedangkan rally awards tidak berubah, tetap pada 19 Desember," kata Jeffrey, yang sedang berusaha memboyong kembali kejuaraan dunia reli (WRC) ke Tanah Air pada 2011.
    
Selama ini, PT BMI sebagai promotor reli nasional dan penyelenggara seri Asia Pasifik (APRC) didukung Gudang Garam sejak awal tahun 2000 dan pada 2009 perusahaan rokok itu mengurangi dukungan dalam beberapa jenis olahraga termasuk reli mobil, sejak krisis ekonomi global tahun lalu.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009