Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) d lingkungan Kemendes PDTT untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan suhu tubuh guna antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 di Jakarta, Kamis.

Menindaklanjuti imbauan itu, Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Kemendes PDTT kemudian melakukan pengecekan, termasuk di Biro Humas dan Kerja Sama.

Baca juga: Ganjar larang Kapal Pesiar Viking Sun bersandar di Semarang

Hal itu sesuai dengan imbauan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan yang telah mengeluarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik lndonesia No SR 02.O2llV27Ol2020 tentang Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi lnfeksi Corona Virus.

Dalam keterangan tertulisnya, disebutkan seluruh pegawai di lingkungan Kemendes PDTT diperiksa suhu tubuh menggunakan alat khusus dan mendapat pendampingan dari tim Balkesmas.

Selain melakukan pengecekan suhu tubuh, juga dilakukan sosialisasi mengenai gejala, tanda-tanda dan upaya pencegahan dan penularan virus corona. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona di lingkungan Kemendes PDTT.

Baca juga: Mahasiswa UMP kampanyekan upaya pencegahan penyebaran virus corona

Sekjen Anwar mengimbau kepada masyarakat, khususnya ASN di Kemendes PDTT untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan.

Tak lupa,  Anwar juga mengimbau agar masyarakat tidak panik dalam menanggapi penyebaran virus corona.

"Pengecekan suhu tubuh ini merupakan bagian dari langkah preventif penyebaran virus corona. Saya imbau ASN di Kemendes PDTT untuk tidak panik dengan Virus Corona. Cukup kita jaga kesehatan, konsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga," sambungAnwar.

Virus corona menyebar ke berbagai negara di belahan dunia. Sementara di Indonesia, sudah ada dua warga Depok yang positif terjangkit dan diisolasi di RSPI Sulianti Saroso.***3***

Baca juga: UNJ bentuk satgas pencegahan penyebaran COVID-19 di kampus
Baca juga: Cegah corona, tradisi bersalaman di sekolah dihentikan
Baca juga: Sumut aktifkan layanan telepon penanganan COVID-19

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020