Pada tahap awal kami membutuhkan sebanyak 110 pekerja yang berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Banten
Serang (ANTARA) - PT Waskita Karya Infrastruktur meresmikan pengoperasian pabrik baja yang dibangun di atas lahan sekitar 4,3 hektare di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten, yang menyerap 51 persen kandungan lokal dengan investasi sebesar Rp238 miliar.

Direktur Utama PT Waskita Karya Infrastruktur, Eko Widianto di Serang, Kamis, mengatakan penyerapan tenaga kerja lokal merupakan prioritas perusahaan.

"Pada tahap awal kami membutuhkan sebanyak 110 pekerja yang berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Banten," katanya.

Eko mengatakan investasi sebesar Rp238 miliar itu untuk pembelian tanah, bangunan dan membeli aneka mesin pendukung pabrik baja.

Baca juga: Waskita Karya terus perluas bisnis luar negeri

Namun pabrik baja tersebut dengan kapasitas terpasang 4.000 metrik ton (MT) per bulan dan pada tahan berikutnya membutuhkan lebih banyak pekerja.

Menurut dia, pembangunan pabrik sudah dilaksanakan secara terukur, cermat, menjaga kebersihan dan sesuai standar pabrik di Eropa.

Dia menambahkan perusahaannya juga memproduksi baja untuk menara transmisi tegangan tinggi mulai dari 150 KVA hingga 500 KVA dan produksi sesuai standar industri.

Demikian pula pabrik tersebut juga memproduksi pagar pengaman jalan tol yang terbuat dari baja berkualitas tinggi untuk menahan benturan keras.

Bahkan baja tersebut telah dilengkapi dengan lapisan yang tahan terhadap cuaca karena memiliki kualitas tinggi.

Baca juga: Rekind-Waskita Karya bersinergi kembangkan proyek infrastruktur global

Sementara itu, Komisaris PT Waskita Karya Insfrastruktur, Gunadi Soekardjo mengatakan, pihaknya juga memberikan pelayanan dan penawaran solusi menyeluruh mulai dari konsultasi, estimasi biaya, pembuatan prototipe, pemasangan di tempat dan pengujian.

Gunadi mengatakan pihaknya berkomitmen menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan kontrol yang ketat diterapkan pada seluruh proses produksi untuk memastikan hanya produk berkualitas terbaik.

Baca juga: Waskita rampungkan proyek strategis nasional dari bandara sampai kelistrikan

Selain itu, bahan baku yang diambil dan diuji dengan cermat sebelum menempatkan pada jalur produksi.

Pembangunan pabrik tersebut juga mempunyai efek ekonomi dan sosial lainnya kepada lingkungan sekitar seperti adanya rumah kontrakan, usaha katering serta merekrut petugas pengamanan setempat.

Hadir dalam peresmian pabrik baja tersebut Dirut PT Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra, Komisaris Utama Badrodin Haiti.

Baca juga: Waskita Karya tambah direktur hadapi kecelakaan kerja

 

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020