KJRI tegaskan tidak ada moratorium umrah sepanjang tahun 2020

KJRI tegaskan tidak ada moratorium umrah sepanjang tahun 2020

Seorang petugas imigrasi mengawasi sejumlah warga yang pulang menyelesaikan ibadah umrah di Arab Saudi yang tiba dari Melaka, Malaysia, di Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Rabu (4/3/2020). ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/ama.

Jakarta (ANTARA) - Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Endang Jumali, menegaskan belum menerima pemberitahuan dari otoritas Kerajaan Arab Saudi soal memperpanjang moratorium umrah menjadi sepanjang tahun 2020.

“Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah sudah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf. Dia mengatakan bahwa informasi tentang penutupan umrah selama 1 tahun di 2020 itu tidak benar," kata Endang melalui keterangan tertulis kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Dia juga menegaskan bahwa terkait persiapan pelaksanaan haji tahun ini juga tetap berjalan. Hingga kini belum ada keputusan dari Saudi untuk membatalkan pelaksanaan haji.

Baca juga: Khawatir corona, Arab Saudi larang warganya umrah

“Demikian juga terkait pelaksanaan haji tahun ini. Persiapan terus berjalan. Sampai saat ini belum ada keputusan terkait dibatalkannya pelaksanaan haji dari Saudi,” kata dia.

Sebelumnya, sejumlah media massa Indonesia memberitakan tentang penangguhan pelaksanaan umrah sepanjang 2020. Pemberitaan itu mengutip salah satu laman berbahasa Inggris, www.channelnewsasia.com

Dari pengutipan itu, sejumlah media memberitakan tentang penangguhan umrah dari waktu yang tidak ditentukan menjadi satu tahun.

Baca juga: KJRI Istanbul bantu pulangkan 769 WNI terdampak kebijakan umrah Saudi

Pembantu Staf Teknis Haji (STH) I KUH KJRI Jeddah Amin Handoyo mengatakan telah mengonfirmasi soal moratorium itu melalui pusat panggilan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di nomor 00966920002814.

"Saya konfirmasi ke 'call center' dan ada penjelasan bahwa berita penundaan satu tahun itu tidak benar. Pengumuman yang benar adalah bahwa penangguhan itu bersifat sementara sampai batas yang akan diumumkan kemudian. Untuk perkembangannya bisa dipantau melalui Twitter Kementerian Haji dan Umrah," katanya.

Baca juga: Kemenag tunggu Saudi cabut moratorium umrah
Baca juga: KBRI Amman pastikan kepulangan 285 jemaah umrah Indonesia

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jamaah umrah Indonesia di Arab Saudi akan pulang pada 15 Maret

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar