Jakarta (ANTARA) - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI memastikan ketersediaan stok gula aman dan mencukupi hingga Lebaran di tengah merebaknya wabah virus Corona.

"Gula ada, untuk cadangan darurat kita siap, InsyaAllah buat sampai Puasa dan Lebaran cukup," ujar Direktur Utama RNI, Eko Taufik Wibowo saat dihubungi di Jakarta pada Kamis.

Selain itu Eko juga menambahkan cadangan beras dan segala kebutuhan lainnya pada dasarnya dalam kondisi aman dan siap.

"Insyaallah masih cukup, nanti akan masuk lagi," kata Dirut RNI tersebut.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan BUMN pangan dan pupuk untuk menjaga stok dan distribusi menyusul wabah virus corona masuk ke Indonesia.

Baca juga: RNI tunggu impor bahan baku dari Prancis, produksi 1 juta masker Maret

Erick menambahkan bahwa dirinya menginstruksikan kepada BUMN pangan untuk mempertahankan distribusi pangan dan bahan pokok selama wabah corona masih terjadi.

Menteri BUMN juga menginstruksikan BUMN pupuk untuk menjaga stok dan distribusi pupuk kepada petani.

"BUMN Pupuk, agar menjaga ketersediaan stok dan penyalurannya kepada para petani," kata Erick.

Perintah Menteri BUMN tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nokor SE-1/MBU/03/2020 Tentang Kewaspadaan terhadap Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Surat Edaran tersebut ditandatangani dan diterbitkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Selasa (3/3).

Menter BUMN itu juga mengungkapkan bahwa pemerintah memberikan edukasi kepada masyarakat dalam rangka menenangkan kepanikan yang muncul akibat wabah virus corona.

Baca juga: RNI siap bangun pabrik alat kesehatan

Menurut Menteri BUMN tersebut, panik merupakan hal yang biasa dan lumrah bagi semua orang ketika menghadapi situasi yang genting.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020