Ajak peduli lingkungan, Pertagas tanam 150 bibit pohon di Sidoarjo

Ajak peduli lingkungan, Pertagas tanam 150 bibit pohon di Sidoarjo

Manager Communication Relations dan CSR Pertagas, Zainal Abidin (kedua dari kanan) bersama Lurah Penatarsewu, Sidoarjo, Jawa Timur, Choliq pada Kamis (5/3/2020), menanam bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan warga Penatarsewu yang dikenal sebagai Kampung Ikan Asap. ANTARA/HO-Pertagas.

Kita edukasi warga agar peduli dengan lingkungan hidup, apalagi mereka di sini memang dikenal menjadi sentra produksi ikan asap
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas) bersama warga Desa Penatarsewu, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, melakukan penanaman 150 bibit pohon trembesi dan mangga di lahan desa yang dikenal sebagai Kampung Ikan Asap ini.

"Kita edukasi warga agar peduli dengan lingkungan hidup, apalagi mereka di sini memang dikenal menjadi sentra produksi ikan asap," ujar Manager Communication Relations dan CSR Pertagas, Zainal Abidin dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, program edukasi untuk peduli lingkungan hidup ini menjadi penting dilakukan di Kampung Ikan Asap.

"Kita punya program OSOT atau One Stack One Tree," katanya. Artinya, lanjut Zainal, setiap anggota kelompok pengasap ikan diedukasi untuk menanam pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan karena telah menghasilkan asap pembakaran yang dikeluarkan cerobong asap.

Tahun lalu, katanya, Pertagas telah menanam 150 bibit trembesi melibatkan siswa sekolah dasar.

Satu cerobong asap, ujarnya, dikonversikan dengan menanam minimal satu pohon yang diharapkan tidak hanya menyerap zat karbondioksida, namun juga mampu menghasilkan oksigen.

"Konsep ini yang kami kenalkan ke warga Kampung Ikan Asap, alhamdulilah dapat diterima dengan baik," ujar Zainal.

Sementara itu, Lurah Penatarsewu Choliq mengatakan bahwa langkah Pertagas ini telah dilakukan sejak tahun lalu.

Pihak desa akhirnya mendorong warga untuk mau menanam jenis pohon tertentu seperti trembesi yang dikenal efektif menyerap karbondioksida. "Ada juga yang menanam pohon mangga," ujarnya.

Kampung Ikan Asap merupakan sentra perajin ikan asap yang merupakan binaan dari Pertagas East Java Area. Terdapat 88 unit rumah pengasapan ikan yang telah direnovasi oleh Pertagas melalui program CSR.

Secara komprehensif, desa ini telah dibina oleh Pertagas sejak 4 tahun lalu. Selain mendampingi para anggota kelompok pengasap ikan, sejak tahun lalu, Pertagas juga telah memberikan bantuan berupa pembangunan Resto Apung Seba yang menjadi ikon wisata kuliner dari Desa Penatarsewu.

Baca juga: Pipa gas Gresik-Semarang ditargetkan selesai Maret 2020

Baca juga: Pertagas genjot peningkatan sambungan rumah tangga



 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ratusan Santri Ponpes Darunnajah bersihkan sampah di sungai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar