"Niacinamide", jawaban dari masalah kulitmu

"Niacinamide", jawaban dari masalah kulitmu

Ilustrasi niacinamide (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Beberapa waktu belakangan ini kandungan niacinamide dalam produk perawatan kulit banyak diperbincangkan karena dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Bahan ini diklaim dapat meredakan jerawat hingga membantu memudarkan kerutan halus.

Lantas apa itu sebenarnya niacinamide dan apa saja manfaatnya?

Niacinamide, sering juga disebut sebagai vitamin B3 yang dapat ditemukan di berbagai produk perawatan kulit, namun paling sering digunakan di dalam serum dan pelembab kulit.

Allure menyebutkan niacinamide berfungsi untuk melindungi kulit dan meningkatkan kelembaban kulit.

Penggunaan niacinamide dapat digabungkan dengan produk perawatan kulit lain, termasuk vitamin C. Kombinasi niacinamide dengan vitamin c dilaporkan oleh Goodhousekeeping dapat mengatasi permasalahan kulit seperti warna kulit tidak merata, bercak-bercak gelap, bekas jerawat dan pori-pori besar.

Niacinamide juga dapat digabungkan dengan SPF dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Untuk penderita rosacea atau kelainan pigmentasi kulit, niacinamide dapat membantu meratakan warna kulit.

Dr. Anjali Mahto seorang dokter kulit menjelaskan bahwa niacinamide dapat mengurangi bintik-bintik pada pigmen kulit dengan membuat kulit memproduksi lebih banyak melanin dan pigmen.

Sementara itu bagi penderita wajah berminyak dapat memanfaatkan niacinamide untuk meredakan peradangan jerawat. “Niacinamide akan mengurangi produksi sebum yang kemudian dapat mengecilkan pori,” ujar Mahto.

Niacinamide dapat digunakan untuk jenis kulit manapun, mulai dari kulit sensitif hingga penderita rosacea karena bahannya yang ringan dan tidak reaktif, seperti dilaporkan laman Health.


Baca juga: Lima alasan untuk selalu mencuci wajah sebelum tidur

Baca juga: Kandungan rumput laut dapat bantu tuntaskan masalah kulit

Baca juga: Kosmetik berkandungan ini bantu hilangkan hitam di sekitar mata

Pewarta: Dara Tanjung Maharani & Maria Rosari
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar