Kualifikasi Piala Dunia 2022

PSSI terima keputusan AFC terkait virus corona atas dasar kemanusiaan

PSSI terima keputusan AFC terkait virus corona atas dasar kemanusiaan

Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan memberikan keterangan mengenai kabar terkini PSSI kepada pewarta di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Salah satu kabar terbaru adalah gagasan PSSI untuk melibatkan Satgas Antimafia Bola Polri dalam kegiatan tim nasional Indonesia di luar negeri. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), atas dasar kemanusiaan, menerima keputusan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang mengundurkan jadwal laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan Liga Champions Asia demi menghindari dampak virus corona.

“Kita sama-sama memaklumi perkembangan terakhir di dunia yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh kepada aktivitas sepak bola. Bagaimana pun, kemanusiaan ada di atas segalanya,” ujar Ketua Umum PSSI Komjen Pol Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Tiga laga timnas Indonesia ditunda antisipasi virus corona

Iriawan menyebut PSSI sudah menerima surat resmi dari AFC terkait kebijakan pengunduran pertandingan tersebut. Keputusan itu diambil AFC dalam rapat darurat (emergency meeting) terkait virus corona pada 2 Maret 2020 di Kuala Lumpur.

AFC mengundurkan jadwal pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada tahun 2020. Pertandingan pada bulan Maret digeser ke Oktober. Lalu laga bulan Juni diganti menjadi November.

Timnas Indonesia yang seharusnya menghadapi tuan rumah Thailand dalam lanjutan laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 26 Maret 2020, berubah menjadi 8 Oktober 2020.

Baca juga: Ketum PSSI pastikan Liga 1 Putri 2020 dimulai paling lambat April

Selanjutnya, laga kandang Indonesia melawan Uni Emirat Arab digelar pada 13 Oktober 2020, yang awalnya ditetapkan pada 31 Maret 2020.

Terakhir, laga tandang versus Vietnam yang sejatinya berlangsung pada 4 Juni, dialihkan ke tanggal 12 November 2020.

Berdasarkan data terkini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sampai Kamis (5/3) pukul 18.15 WIB, ada 79 negara di bumi yang memiliki kasus serangan virus corona, termasuk Indonesia.

95.270 orang di dunia tercatat sudah terinfeksi virus corona. Virus yang menyerang sistem pernapasan manusia ini juga sudah menghilangkan 3.281 jiwa.

Di sepak bola, wabah virus corona telah membuat liga di beberapa negara mengundurkan jadwal atau tetap menggelar pertandingan tetapi tanpa penonton.

Baca juga: PSSI ikuti pemerintah soal aktivitas timnas kala wabah virus corona
Baca juga: PSSI belum serahkan proposal anggaran Piala Dunia U-20 2021


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Taklukkan Indonesia, pelatih dan pemain Korea puji Abraham Damar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar