PON 2020 Papua

627 bus disiapkan selama penyelenggaraan PON Papua

627 bus disiapkan selama penyelenggaraan PON Papua

Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah) didampingi sejumlah pejabat kementerian dan Pemda Papua usai menggelar rapat tingkat kementerian di Kantor Menko PMK, Jakarta, Kamis. (Asep Firmansyah)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan lewat Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan sebanyak 627 bus akan disiapkan selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

"Kemenhub akan menyiapkan 627 bus untuk kebutuhan transportasi dengan jumlah pengemudi 815 orang dan mengutamakan menggunakan driver dari masing-masing kluster atau driver lokal, serta melibatkan dukungan TNI-Polri," ujar Muhadjir di Jakarta, Kamis.

Muhadjir mengatakan proses pengiriman bus akan dilakukan secara berkala. Diharapkan pada dua minggu sebelum kejuaraan olahraga multieven terbesar di Indonesia itu bergulir, seluruh armada telah sampai masing-masing lokasi.

"Jadi kendaraan dari Kemenhub akan dikirim ke masing-masing kluster paling lambat dua minggu sebelum even dilaksanakan," ujarnya.

Ratusan bus itu akan diperuntukan sebagai armada transportasi kepergian dan kepulangan atlet serta offisial. Bus itu juga akan tersebar di empat klaster penyelenggara, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika

Sebelumnya, berdasarkan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dari jumlah bus yang diperuntukan sebagai alat angkut peserta dan official PON, kelak sebagian akan disumbangkan untuk bus sekolah bagi daerah-daerah lain, diutamakan di sekitar Papua.

Untuk mendukung PON, kementrian perhubungan juga akan segera menyelesaikan pembangunan terminal angkutan kota di Kota Jayapura.

Baca juga: Menko PMK nyatakan pembangunan venue PON capai 80 persen

Baca juga: Peralatan bekas Asian Games bakal dimanfaatkan pada PON Papua

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Resmi, PON Papua diundur Oktober 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar