Jakarta (ANTARA) - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan truk medium duty, Hino Ranger FG 235 JU 4×2 pada Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 di Jakarta, sebagai solusi bagi pebisnis guna memaksimalkan keuntungan di tengah berlakunya larangan truk Over Dimension Over Load (ODOL).

“Kehadiran Hino Ranger FG 235 JU ini menjadi solusi bagi para pebisnis yang memiliki persoalan dengan truk mereka yang terkait regulasi ODOL," kata Presiden Direktur HMSI, Masato Uchida di Jakarta, Kamis.

Truk terbaru itu ditujukan untuk pasar pengangkutan kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun sepeda motor dengan kapasitas angkutan hingga 54 unit sepeda motor atau 4 unit mobil.

Truk itu punya panjang 11.950 mm, sementara ruang kargo ekstra panjang hingga 9.8 meter. Dengan wheelbase 7.030 milimeter, Hino Ranger FG 235 JU lebih stabil dan aman membawa kendaraan yang hendak dikirim.

Truk ini memiliki GVW 15,1 ton dilengkapi dengan Full Air Brake System agar kendaraan dapat mengerem dengan maksimal, rear camera untuk membantu pengemudi melihat kondisi di bagian belakang kendaraan sehingga lebih aman ketika akan parkir atau mundur dan side under mirror untuk membantu melihat di bagian yang tidak terjangkau atau blind spot.

Ranger FG 235 JU dilengkapi Seat Air Suspension yaitu kursi pengemudi dengan suspensi udara yang meningkatkan kenyamanan supir.

Dalam launching Hino Ranger FG 235 JU, turut diserahkan juga Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) dan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi. Hino 500 series Ranger FG 235 JU ini merupakan bentuk dukungan Hino, kepada pemerintah untuk program Zero ODOL.

Hino juga mengembangkan tipe – tipe lainnya seperti Hino Ranger truk 8x2 cargo yang merupakan terbesar kapasitasnya di rigid model, dan 6x2 Tractor Head yang siap menarik beban berat namun sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Maka truk ini menjadi solusi yang tepat untuk efisiensi dan efektifitas dalam bisnis logistik. Apalagi, truk Hino ini memiliki kapasitas ruang kargo dan wheelbase terpanjang di kelasnya sehingga lebih aman dan stabil di perjalanan," kata dia.

Baca juga: Pura Trans kelebihan permintaan saham usai IPO

Baca juga: Kendaraan Hino siap menggunakan bahan bakar B30


Best fit product

Hino memajang tujuh kendaraan, baik truk dan bus, antara lain Hino Microbus 110 SDBL, Hino FB 130, bus TAYO atau Tangerang AYO, Hino 110 SD, dua unit medium duty truck yaitu Hino Ranger FM 285 JD, FM 285 JD dump truck 6x4, dan Hino Ranger FM 350 TH.

Untuk keamanan, truk itu dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) yang dapat mencegah terjadinya penguncian ban ketika rem mendadak, sehingga kendaraan terhindar dari kecelakaan dan lebih aman.

Selain itu, rem trailer turut disematkan pada Hino New Generation Ranger FM 350 TH yang berfungsi untuk menyalurkan tekanan udara pada rem trailer untuk pengereman lebih optimal sehingga dapat meningkatkan aspek keselamatan berkendara.

Hino Indonesia menampilkan unit Hino Export unit, Hino300 Series dengan kemudi kiri. Hino300 Series Export Model merupakan kendaraan ekspor untuk negara-negara Afrika Barat yang merupakan negara tujuan ekspor terbaru Hino.

Baca juga: Hino masih pimpin penjualan kendaraan "medium duty truck"

Baca juga: Pengecekan gratis, diskon suku cadang untuk mobil Hino terkena banjir

Baca juga: Penjualan Hino naik di GIIAS 2019
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020