Piala Dunia Sepak Bola U20

PSSI ingin SUGBK markas timnas dan lokasi pembukaan Piala Dunia U-20

PSSI ingin SUGBK markas timnas dan lokasi pembukaan Piala Dunia U-20

Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan (tengah) bersama Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria (kanan) memberikan keterangan kepada media terkait kunjungan mereka ke tiga stadion kandidat arena Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Selasa (3/2/2020). Tiga stadion tersebut yaitu Stadion Pakansari (Cibinong, Bogor), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang Timur) (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya ingin Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, menjadi markas tim nasional selama bertanding di Piala Dunia U-20 2021, sekaligus menjadi tempat pembukaan ajang dua tahunan tersebut.

"Namun, kami tidak bisa memutuskan sendiri. Kami ingin FIFA juga menyetujuinya agar tidak menjadi masalah. Nanti kami akan memberikan gambarannya ke FIFA," kata Iriawan dalam inspeksinya ke SUGBK, Jakarta, Jumat.

Baca juga: PSSI terima keputusan AFC terkait virus corona atas dasar kemanusiaan

Menurut Iriawan, keinginan PSSI tersebut didasarkan pada sejarah panjang SUGBK sebagai stadion kebanggaan rakyat Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1962.

Stadion dengan kapasitas penonton lebih dari 75.000 orang itu dinilai PSSI sebagai warisan monumental para pendiri bangsa.

"SUGBK ini stadion monumental, legendaris dan warisan sejarah. Begitu kita masuk ke sini atmosfernya saja luar biasa. Mudah-mudahan kita bisa berkandang di sini," kata Iriawan.

Baca juga: PSSI: stadion di Bekasi untuk Piala Dunia U-20 kurang lapangan latihan
Baca juga: PSSI berharap FIFA lebih cepat tentukan enam stadion Piala Dunia U-20


Sementara terkait fasilitas, Iriawan menyebut SUGBK adalah stadion yang sarana prasarananya terlengkap dari 11 stadion kandidat untuk Piala Dunia U-20.

Beberapa tambahan yang diperlukan seperti ruang penyiaran (broadcast) dan revitalisasi rumput.

"Lainnya mungkin merapikan ruangan saja. Kami akan melaporkan ke pemerintah dalam hal ini ke Menteri PUPR terkait penambahan fasilitas di sekitar atau di dalam stadion," tutur Iriawan.

Piala Dunia U-20 tahun 2021 berlangsung pada 24 Mei-12 Juni di Indonesia. Ada 11 stadion yang ditetapkan PSSI sebagai kandidat arena pertandingan.

Baca juga: Piala Dunia U-20 membuka jalan Indonesia menuju sepak bola global
Baca juga: Kemenpora pastikan kepanitiaan Piala Dunia U-20 bernama INAFOC


Ke-11 itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).

FIFA akan datang ke Indonesia untuk melakukan inspeksi pada 10 Maret 2020. PSSI menargetkan enam stadion utama Piala Dunia U-20 2021 akan ditentukan dalam kunjungan tersebut.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Proyek Jembatan Musi VI ditargetkan rampung akhir tahun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar