Pemerintah dukung pengelolaan sampah di Labuan Bajo

Pemerintah dukung pengelolaan sampah di Labuan Bajo

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan bahwa pemerintah sudah membangun fasilitas pengolahan sampah terpadu di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/HO/KLHK)

Kupang (ANTARA) - Pemerintah pusat membangun fasilitas pengelolaan sampah terpadu untuk mendukung upaya pengelolaan sampah di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Pemerintah sudah bangun pusat pengelolaan sampah terpadu dalam mengatasi sampah di Labuan Bajo," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar pada acara puncak Hari Peduli Sampah Nasional di Kawasan TPI Baru Kampung Ujung Labuan Bajo, Jumat.

Labuhan Bajo menghasilkan sekitar 30 ton sampah per hari dan menurut Siti fasilitas pengelolaan sampah terpadu yang dibangun di sana bisa digunakan untuk mengolah sampah sampai 10 ton per hari.

Selain membangun fasilitas pengelolaan sampah terpadu, Siti mengatakan, pemerintah pusat memberikan bantuan berupa delapan kendaraan pengangkut sampah dan 60 tempat sampah untuk Labuan Bajo.

Pemerintah, ia melanjutkan, juga memberikan 40.000 bibit tanaman dan jaring penangkap sampah untuk Labuan Bajo.

Siti berharap peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020 di Labuan Bajo menjadi momentum untuk membangun sinergi dalam upaya pengelolaan sampah di Indonesia.

Baca juga:
Kota Padang berikan insentif pada pelapor pembuang sampah sembarangan
KLHK: Bisnis baru jasa pengelolaan sampah ciptakan lapangan pekerjaan

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

DLH Temanggung dorong pengelolaan sampah mandiri di masyarakat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar