Angkutan Motis ini sebagai upaya mengurangi kepadatan dan kecelakaan di jalan raya saat masa Angkutan Lebaran 2020
Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) mendukung pelaksanaan Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan  untuk Angkutan Lebaran 2020.

"Angkutan Motis ini sebagai upaya mengurangi kepadatan dan kecelakaan di jalan raya saat masa Angkutan Lebaran 2020," ujar Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Jumat.

Baca juga: Tiket KA Lebaran 2020 di Daop Madiun terjual 12 persen

Angkutan Motis 2020 diselenggarakan pada 16–22 Mei 2020 untuk arus mudik dan 27 Mei–1 Juni 2020 untuk arus balik. Kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut setiap harinya mencapai 1.472 unit sepeda motor atau total 19.136 unit motor selama 13 hari pelaksanaan.

"Kapasitas tersebut naik 5,7 persen dari kegiatan serupa tahun 2019 yaitu sebanyak 18.096 unit," kata Ixfan. 

Baca juga: KAI Daop 7 Madiun sediakan 119.240 tiket KA Lebaran 2020

Adapun, terdapat tiga relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2020. Yaitu, Lintas Utara relasi Stasiun Jakarta Gudang–Stasiun Surabaya Pasarturi yang melalui Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, berakhir Surabaya Pasarturi.

Kemudian Lintas Selatan 1, relasi Stasiun Jakarta Gudang–Stasiun Kutoarjo. Yang melalui Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, berakhir di Kutoarjo.

Baca juga: KA Singasari alami perubahan jadwal mulai 1 April 2020

Serta Lintas Selatan 2, relasi Stasiun Jakarta Gudang–Stasiun Surabaya Pasarturi. Melalui Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, berakhir Surabaya Pasarturi.

Ixfan menjelaskan untuk mengikuti program Angkutan Motis 2020, peserta diwajibkan mendaftar secara daring ("online") pada 26 Februari hingga 14 Mei 2020 dengan mengakses mudikgratis.dephub.go.id.

Atau langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Tangerang, Cimahi, dan Kiaracondong. Waktu pendaftaran mulai 16 Mei-31 Mei 2020 di semua stasiun persinggahan Motis.

Secara nasional KAI menyediakan total 62.540 tempat duduk khusus bagi para pendaftar Angkutan Motis 2020 yang tersebar pada 24 nama kereta api.

Jumlah tersebut naik 7,6 persen dari 2019 yaitu sebanyak 58.088 tempat duduk. Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan.

Baca juga: KAI Madiun umumkan penjualan tiket Lebaran mulai dilayani H-90

Ixfan menambahkan KA penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motis dan melintas di stasiun wilayah Daop 7 Madiun, di antaranya adalah KA Matarmaja (Pasar Senen – Malang), KA Brantas (Pasar Senen – Blitar),. 

Selain itu KA Kahuripan (Kiaracondong – Blitar), KA Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng), KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen – Surabaya Gubeng), KA Matarmaja Lebaran (Pasar Senen – Malang).

Kemudian, KA Pasundan Lebaran (Kiaracondong – Surabaya Gubeng),  KASingasari (Pasar Senen – Blitar), KA Majapahit (Pasar Senen – Malang), KA Logawa (Purwokerto – Jember), dan KA Jayakarta (Jakarta Kota – Surabaya Gubeng).

"Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang telah mempercayakan motornya kepada KAI pada Angkutan Lebaran 2020 ini," kata Ixfan.

Baca juga: KAI: Dua KA motor gratis layani lintas selatan Jawa saat Lebaran 2020

​​​​​​​

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020