Cegah corona, Lion Air Group sterilkan pesawat

Cegah corona, Lion Air Group sterilkan pesawat

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke kabin pesawat milik Lion Air Group. ANTARA/Dokumentasi Lion Air Group

Lion Air Group patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi perusahaan serta ketentuan internasional
Jakarta (ANTARA) - Maskapai Lion Air Group menjalani fase pengerjaan yang meliputi pembersihan pesawat, sterilisasi, penyemprotan, penggantian saringan udara kabin, kebersihan kabin, kokpit dan kompartemen kargo sebagai antisipasi menghadapi wabah virus corona.

"Dalam tindakan pencegahan, Lion Air Group merekomendasikan guna menyediakan dan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku, sarung tangan (hand gloves) dan cairan atau gel pembersih tangan (hand sanitizer) guna tindakan preventif dengan mengutamakan kesehatan," kata Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Seluruh Departemen Keselamatan, Keamanan dan Kualitas Lion Air Group telah mengimplementasikan rekomendasi tersebut.

Danang mengatakan sterilisasi juga dilakukan ke pusat perawatan pesawat atau hanggar Batam Aero Technic (BAT) milik Lion Air Group untuk melakukan proses penyemprotan kembali (re-desinfectant), serta dijadwalkan untuk pengerjaan perawatan pesawat berkala (schedule maintenance).

"Proses re-desinfectant dilakukan melalui beberapa tahapan dalam pengawasan Kantor Kesehatan Pelabuhan, di bawah Kementerian Kesehatan," katanya.

Batam Aero Technic untuk melakukan proses pergantian HEPA (High Efficiency Particulate Air) filter yang digunakan sebagai alat penyaring sirkulasi udara di dalam pesawat, menurut anjuran pabrikan pesawat.

Dalam melakukan proses pergantian HEPA filter, lanjut Danang, petugas telah diberikan pengetahuan mengenai keselamatan dan telah melakukan tes kesehatan serta melakukan vaksinasi.

"Seluruh prosedur yang dilakukan telah mengikuti aspek keselamatan yang dapat membantu untuk melaksanakan seluruh tahapan sampai selesai," katanya.

Danang juga menegaskan sterilisasi dilakukan guna memastikan keselamatan penerbangan sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan.

"Lion Air Group patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi perusahaan serta ketentuan internasional," ujarnya.

Baca juga: Lion Air jemput 13.000 jamaah umrah kembali ke Indonesia
Baca juga: Lion Air Group sambut kedatangan 18 kru Batik Air dari Natuna

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Lion air siap jemput 13.000 jamaah umrah di Arab Saudi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar