Unjuk rasa depan Kedubes India lalin jalan Rasuna Said tersendat

Unjuk rasa depan Kedubes India lalin jalan Rasuna Said tersendat

Kondisi arus lalu lintas di jalan Rasunan Said, Kuningan, Jakarta Selatan tersendat akibat aksi unjuk rasa ormas depan Kantor Kedutaan Besar India, Jumat (6/3/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Jakarta (ANTARA) - Arus lalu lintas di jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan depan kantor Kedutaan Besar India tersendat menyusul unjuk rasa oleh massa dari sejumlah Ormas di Indonesia, Jumat.

Pantauan ANTARA di lokasi, menyebutkan, arus lalu lintas mulai tersendat sejak pukul 13.15 WIB dari arah Mampang Prapatan menuju arah Sudirman, massa memakai dua ruas jalan untuk berunjuk rasa dan menyisakan satu ruas jalan untuk dilalui pengendara.

Aksi masih terus berlanjut hingga pukul 15.35 WIB, selain berorasi massa juga melakukan Shalat Ashar dan Shalat Ghaib berjamaah di jalanan.

Baca juga: Pengamanan humanis polisi kawal aksi solidaritas muslim India

Dalam orasinya massa mengutuk pembantaian terhadap umat Islam yang dilakukan umat Hindu di India, massa menilai aksi yang mereka sampaikan sesuai dengan konstitusional, menyampaikan protes terhadap pemerintah India yang diskriminatif dan represif terhadap muslim India.

Aksi yang dinamai Solidaritas Muslim India tersebut diikuti massa dari sejumlah ormas yakni Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF) dan Persaudaraan Alumni (PA) 212.

Massa aksi mendesak Kedutaan Besar sebagai perwakilan Pemerintah India di Indonesia untuk menghentikan penyiksaan umat Islam di India.

Baca juga: Halaman dalam kantor Kedubes India jadi tempat Shalat Jumat

Selain di Jakarta, aksi protes terhadap pemerintah India tersebut juga berlangsung di sejumlah daerah yakni Sukabumi, Tasikmalaya dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hingga berita ini diturunkan, arus lalu lintas di jalan Rasuna Said dari arah Mampang Prapatan menuju Sudirman tersendat, kendaraan hanya bisa dilintasi satu jalur.

Sebelumnya Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas selama aksi unjuk rasa di depan kantor Kedutaan Besar India berlangsung.

Pengalihan arus lalu lintas dari jalan Gatot Subroto yang akan menuju jalan H.R Rasuna Said III diluruskan ke jalan Gatot Subroto arah Pancoran atau belok ke kanan arah jalan Mampang Prapatan.

Baca juga: Polisi siapkan pengalihan rute di depan Kedubes India

Arus lalu lintas dari jalan Mampang Prapatan (di underpass Mampang) yang akan menuju HR Rasuna Said dibelokkan ke kiri jalan Gatot Subroto arah Semanggi.

Selanjutnya, arus lalu lintas dari jalan Gatot Subroto arah Semanggi yang akan menuju jalan HR Rasuna Said diputarbalikkan ke (di kolong layang Kuningan) ke jalan Gatot Subroto arah Pancoran.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dubes India Siapkan Investasi Di Kota Malang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar