ACT Sulsel bagikan air minum dan makan ke mesjid

ACT Sulsel bagikan air minum dan makan ke mesjid

Siswa Athirah Makassar antusias menyambut program Air Minum Wakaf dari ACT Sulsel, Jumat (6/3/2020). ANTARA/HO-ACT Sulsel

hari ini, dua program sekaligus
Makassar (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan kembali membagikan air minum wakaf serta makanan dari warung dermawan kepada jamaah masjid serta anak-anak sekolah di Makassar.

Marketing Komunikasi ACT Sulsel Mustafa Mathar di Makassar, Jumat, mengatakan, program air minum wakaf kembali menyasar para jamaah Jumat, juga kepada anak-anak sekolah di Makassar.

"Kalau Jumat sebelumnya itu hanya air minum wakaf saja yang kita bagikan. Hari ini, dua program sekaligus, yakni air minum wakaf dan warung dermawan," ujarnya.

Baca juga: ACT Sulsel galang donasi untuk korban banjir Jakarta
Baca juga: ACT ajak warga Sulsel ikut wakaf air minum untuk masjid


Ia mengatakan pembagian air minum wakaf pada Jumat ini menyasar di Masjid Al Azhar Jalan Sultan Alauddin serta Sekolah Islam Athirah di Jalan Kajaolalido.

Khusus untuk program warung dermawan juga dilaksanakan di sekitar masjid tersebut dengan membagikan makanan gratis kepada para jamaah.

"Untuk program air minum wakaf dan warung dermawan itu di masjid. Begitu habis shalat dilanjutkan dengan membagikan makanan gratis kepada para masyarakat umum dan bukan hanya kepada jamaah saja," katanya.

Baca juga: Bangun peradaban, ACT Sulsel-FTI UMI gagas lokakarya remaja masjid
Baca juga: ACT Sulsel jual kaos demi kumpulkan donasi untuk muslim Uighur


Mustafa menyatakan program warung dermawan ini awalnya adalah program warung wakaf. Hanya saja, di Sulsel belum ada warung dermawannya sehingga digantikan dengan program warung dermawan.

Perbedaan dari warung dermawan dan warung wakaf adalah terletak pada skalanya. Untuk warung wakaf berusaha mewujudkan, memulihkan dan membangun perekonomian warga dengan pengelolaan bisnis ritel berbasis wakaf.

Sementara untuk warung dermawan adalah membagikan makanan kepada masyarakat hasil donasi dari para dermawan yang mempercayakan sebagian hartanya untuk dikelola dengan cara memberi makan kepada masyarakat.

Baca juga: ACT Sulsel kumpulkan donasi untuk bantu TKI hadapi wabah virus corona
Baca juga: FTI UMI berikan bantuan penyaring air siap minum kepada ACT Sulsel

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar