Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah tengah melakukan pembenahan fasilitas kesehatan di Pulau Galang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, yang akan dipergunakan untuk mengatasi wabah, seperti penyakit yang disebabkan virus corona atau COVID-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa proses pembenahan atau revitalisasi fasilitas kesehatan di Pulau Galang tersebut, ditargetkan rampung dalam waktu dua minggu ke depan.

"Presiden meminta (Pulau Galang) harus siap dalam waktu dua minggu. Panglima TNI harus menyiapkan itu dalam dua minggu," kata Muhadjir, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Muhadjir menjelaskan, pembenahan fasilitas kesehatan di pulau tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi kejadian yang paling tidak diinginkan terkait dengan penyebaran virus corona.

Menurut Muhadjir, dengan ditambahnya satu lagi fasilitas kesehatan di pulau tersebut, maka pemerintah Indonesia memiliki tiga pulau yang dipergunakan untuk mengatasi penyebaran COVID-19, di mana dua lainnya adalah Pulau Natuna, dan Pulau Sebaru.

Baca juga: Yurianto: Pulau Galang tidak hanya untuk RS tapi juga observasi

"Ada Pulau Natuna, Pulau Sebaru, dan yang kami siapkan sekarang untuk cadangan, Pulau Galang," kata Muhadjir.

Pulau Galang pada 1979-1997 merupakan tempat pengungsian bagi warga Vientam, pascaperang saudara di negara tersebut. Di Pulau Galang, terdapat fasilitas, seperti barak pengungsian, tempat ibadah, rumah sakit, dan sekolah.

Baca juga: Mengunjungi Pulau Galang yang akan jadi RS Khusus Penyakit Menular

Di Indonesia, pada Senin (2/3), Presiden Joko Widodo mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, positif terjangkit COVID-19, dan saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, sejak 1 Maret 2020.

Hingga saat ini, Jumat (6/3), jumlah korban meninggal akibat virus COVID-19 mencapai 3.349 orang, dengan jumlah infeksi mencapai 98.038 orang di seluruh penjuru dunia. Sementara untuk pasien yang sembuh, tercatat sebanyak 53.820 orang.

Baca juga: Pemerintah jamin kesehatan warga Pulau Galang

Sementara di China, jumlah kasus mencapai 80.426 kasus, dan sebanyak 3.013 orang dilaporkan meninggal dunia.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020