Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menkok PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa fasilitas kesehatan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Malang, Jawa Timur, sudah memenuhi standar World Health Organization (WHO).

Muhadjir menjelaskan, fasilitas kesehatan yang memenuhi standar WHO tersebut, khususnya untuk penanganan pasien yang terjangkit virus corona atau COVID-19. Meskipun demikian, hingga saat ini, di RSUD Saiful Anwar Malang, belum ada pasien yang positif terjangkit COVID-19.

"Secara umum sudah bagus dan mengikuti standar yang ditetapkan WHO. Sebagai ruang isolasi, sangat memenuhi syarat, terutama betul-betul terpisah dari pasien umum," kata Muhadjir, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Muhadjir menambahkan, meskipun sudah sesuai dan memenuhi standar WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia, masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, salah satunya terkait dengan kapasitas dari fasilitas isolasi tersebut.

Saat ini, lanjut Muhadjir, hanya tersedia lima tempat tidur pada fasilitas isolasi RSUD Saiful Anwar Malang tersebut. Ia mengharapkan kapasitas tersebut bisa ditambah oleh manajemen rumah sakit terbesar di Kota Malang itu.

"Tapi memang harus disempurnakan, terutama untuk kapasitas. Saat ini baru ada lima tempat tidur," kata Muhadjir.

Sejauh ini, di RSUD Saiful Anwar, sudah menangani enam orang yang diduga terjangkit COVID-19, namun dari enam orang tersebut, setelah dilakukan uji laboratorium, semuanya negatif dari virus corona.

Baca juga: Pasien terduga Corona di RSUD Saiful Anwar Malang dipastikan negatif

"Di sini belum ada (yang positif), dan mudah-mudahan tidak ada. Suspect ada enam, tapi semuanya sudah dinyatakan negatif, dan sudah dipulangkan," ujarnya.

Muhadjir menambahkan, selain fasilitas kesehatan yang sudah siap, tenaga medis dan ketersediaan alat pelindung diri (APD) yang ada di RSUD Saiful Anwar juga dinyatakan memenuhi standard penanganan kasus COVID-19.

Baca juga: RSSA Malang pastikan satu pasien meninggal negatif Corona

"Mulai dari pintu masuk sudah tersendiri, kemudian juga peralatan yang disiapkan untuk melayani pasien sudah memenuhi standard. Termasuk cadangan untuk APD, dari awak kesehatan juga sudah siap," kata Muhadjir.

RSUD Saiful Anwar Kota Malang merupakan salah satu rumah sakit di Jawa Timur yang menjadi rujukan utama untuk penanganan kasus COVID-19. Selain Saiful Anwar Malang, RSUD Dr. Soetomo Surabaya, juga dijadikan rumah sakit rujukan terkait kasus Covid-19.

Penyebaran virus coona di dunia saat ini dilaporkan telah terjadi di lebih dari 50 negara. Hingga Jumat (6/3), jumlah korban meninggal akibat virus COVID-19 mencapai 3.349 orang, dengan jumlah infeksi mencapai 98.038 orang di seluruh penjuru dunia.

Sementara untuk pasien yang sembuh, tercatat sebanyak 53.820 orang. Di China, jumlah kasus mencapai 80.426 kasus, dan sebanyak 3.013 orang dilaporkan meninggal dunia.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020