Kementerian Koperasi UMKM pastikan kesiapan Payakumbuh ekspor rendang

Kementerian Koperasi UMKM pastikan kesiapan Payakumbuh ekspor rendang

Pengusaha Syeikh Nabil dari Arab Saudi meninjau IKM Rendang di Payakumbuh. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh (ANTARA) - Untuk memastikan kesiapan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat dalam melakukan ekspor rendang, pihak Kementerian Koperasi dan UKM bersama Presiden Direktur PT. Imza Rizky Jaya mengunjungi langsung sentra industri rendang di daerah itu.

Presiden Direktur PT. Imza Rizky Jaya Rizayati di Payakumbuh, Jumat, menyebutkan kesiapan dan tempat pengelolaan rendang di Payakumbuh sudah siap untuk masuk ke industri

"Nanti saya akan memperjuangkan agar rendang yang diproduksi dari UMKM Payakumbuh dapat diekspor ke banyak negara. Terutama yang sudah menyatakan kerja sama, seperti Arab Saudi," ujarnya.

Baca juga: Payakumbuh siap ekspor 480 ton bumbu rendang ke Arab Saudi

Ia mengatakan perusahaannya sudah melakukan kerja sama ekpor ke seluruh dunia sehingga peluang untuk melakukan ekspor rendang ke seluruh dunia sangat terbuka.

"Proses yang saya lihat, semuanya sudah sesuai dengan standar dan saya bangga dengan apa yang dilakukan oleh Pemkot Payakumbuh," sebutnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan ekspor bumbu rendang yang akan dilakukan ini merupakan sejarah bagi UMKM Indonesia yang bisa menembus pasar luar negeri.

"Alhamdulillah hari ini kita kedatangan tamu dalam menindaklanjuti kerja sama pengiriman bumbu rendang untuk jamaah haji asal Indonesia," kata dia.

Ia mengatakan pada kunjungan ini pihak Kementerian dan perusahaan memastikan kesiapan Kota Payakumbuh dalam merealisasikan kerja sama.

Baca juga: Payakumbuh ekspor rendang ke Arab Saudi

"Kita akan ekspor dalam jumlah banyak, jadi pihak kementerian dengan perusahaan ingin memastikan kesiapan kita. Jumlah yang akan kita ekspor sebanyak 480 ton," sebutnya.

Bahkan, kata Erwin, dalam waktu dekat akan datang deputi menteri untuk melakukan pengecekan langsung. Sehingga kerja sama ini dapat terealisasi dalam waktu dekat.

Staf Kementrian Koperasi dan UKM Akmal Rusli menyebutkan kedatangan staf ahli menteri dan juga asisten deputi dijadwalkan pada 12 Maret ini.

"Setelah itu nantinya menteri juga akan datang, dengan agenda melakukan meresmikan ini secara nasional," ujarnya.

Ia menyebutkan mendaftarkan hak paten dan pemasaran luar negeri rendang Payakumbuh merupakan sesuatu ide yang brilian.

"Kita tahu Rendang merupakan masakan khas Sumatera Barat, tapi ide seperti ini baru terealisasikan oleh Pemkot Payakumbuh dalam hal ini bapak Erwin Yunaz," sebutnya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Saat Payakumbuh bersiap ekspor 480 ton bumbu rendang ke Arab Saudi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar