Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Safar, di Padang, Jumat, mengatakan jumlah kursi PKS sebanyak 10 kursi dan syarat untuk mengusung pasangan calon minimal sebanyak 13 kursi di DPRD Sumbar.
Padang, (ANTARA) - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat menyatakan siap berkoalisi dengan sejumlah partai dalam mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilgub Sumbar 2020.

Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Safar, di Padang, Jumat, mengatakan jumlah kursi PKS sebanyak 10 kursi dan syarat untuk mengusung pasangan calon minimal sebanyak 13 kursi di DPRD Sumbar.

"Kami pasti akan berkoalisi dan saat ini terus melakukan penjajakan untuk hal tersebut. Kami siap berkoalisi dengan siapa saja,” kata dia.
Baca juga: Nasrul Abit nyatakan siap maju Pilgub Sumbar 2020

Ia mengatakan partainya dapat berkoalisi dengan siapa saja tidak hanya partai yang berkoalisi saat Pilpres 2019. Menurut dia, koalisi tersebut tidak lagi dapat menjadi patokan dalam menghadapi pilkada ini.

Dia mencontohkan Partai Gerindra yang merupakan koalisi PKS saat Pilpres 2019, namun pada saat ini mereka berada di pemerintahan.

“Untuk pilkada ini, kami siap berkoalisi dengan sejumlah partai dalam mengusung pasangan calon,” katanya pula.

Ia mengatakan saat ini PKS memiliki dua kader terbaik yang akan diusung maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Sumbart yakni Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah dan Wali Kota Payakumbuh Riza Fahlepi.
Baca juga: KPU Sumbar: Surat dukungan Fakhrizal-Genius Umar penuhi syarat

Menurut dia, hingga saat ini belum ada keputusan dari DPP PKS siapa yang akan diusung menjadi calon gubernur oleh PKS Sumbar.

"Kami sudah usulkan dua nama ini dan masih menunggu siapa yang akan diusung, apakah Mahyeldi atau Rizal Fahlepi, kami masih menunggu," katanya lagi.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020