Dubes India percayakan pada otoritas terkait ancaman "sweeping"

Dubes India percayakan pada otoritas terkait ancaman "sweeping"

Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat memberikan keterangan usai aksi demo di depan Kantor Kedutaan Besar India, di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Dubes India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat mempercayakan sepenuhnya keselamatan kepada otoritas Indonesia terkait ancaman sweeping terhadap warga negara India.

"Perlindungan kepada warga negara India diserahkan sepenuhnya kepada otoritas terkait," ujar Pradeep Kumar Rawat di Jakarta, Jumat.

Kalau ada nilai-nilai atau aturan-aturan yang tidak sesuai, lanjut dia pemerintah dan otoritas Indonesia yang terkait akan bertindak.

"Kami percaya sepenuhnya terhadap pemerintah dan otoritas Indonesia," ujar dia.

Sebelumnya ratusan massa aksi dari sejumlah organisasi masyarakat Muslim melakukan unjuk rasa memprotes pembantaian terhadap warga Muslim di India.

Unjuk rasa dilakukan setelah Shalat Jumat.  Dalam orasinya massa mendesak Kedutaan India untuk menyerukan penghentian diskriminasi dan persekusi kepada warga Muslim India.

Massa juga meminta pemerintah India untuk menyeret pihak-pihak yang membiarkan pertikaian terjadi di India sejak undang-undang kewarganegaraan disahkan.

Aksi unjuk rasa tersebut berlangsung kondusif, polisi anti huru hara hanya berjaga-jaga tanpa menggunakan peralatan huru hara.

Dubes India juga mengapresiasi aparat Kepolisian yang telah mengawal pelaksanaan unjuk rasa di kantor Kedutaan Besar, di Jalan Rasunan Said yang berjalan tanpa anarkis.

Selain kepada kepolisian, Pradeep juga menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang telah bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk melindungi kedutaan.


Baca juga: Dubes Pradeep Kumar tampik adanya diskriminasi terhadap muslim India

Baca juga: Dubes India apresiasi penanganan demonstrasi di kantor kedutaan besar

Baca juga: Pengamanan humanis polisi kawal aksi solidaritas muslim India

Pewarta: Laily Rahma dan Azis Kurmala
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar