Kualitas jahe merah dan jahe putih dari impor tidak sebagus yang lokal bisa dilihat dari bentuknya yang lokal sangat besar-besar
Pontianak (ANTARA) - Harga jahe di Kota Pontianak seperti terpantau di Pasar Flamboyan mulai naik seperti untuk jahe merah semula hanya Rp60.000 per kilogram,  kini menjadi Rp80.000 per kilogram.

"Begitu juga jahe putih sebelumnya seharga Rp40.000 per kilogram menjadi Rp60.000 kilogram. Harga ini naik dikarenakan stok jahe merah dan jahe putih terbatas," ujar salah satu pedang di Pasar Flamboyan, Ayun di Pontianak, Sabtu.

Ia juga mengatakan pasokan jahe merah dan jahe putih tersebut asli dari Pontianak. Kemudian ada juga impor tetapi hanya sedikit dan kualitasnya tidak sebagus yang lokal.

"Kualitas jahe merah dan jahe putih dari impor tidak sebagus yang lokal bisa dilihat dari bentuknya yang lokal sangat besar-besar. Sedangkan yang impor kecil-kecil, sehingga kami sudah jarang menjual jahe yang impor," katanya.

Kenaikan jahe merah dan jahe putih saat ini juga didorong karena banyak dicari dan dibeli masyarakat untuk dijadikan salah satu obat karena khasiatnya sangat besar bagi tubuh.

"Salah satu khasiat Jahe merah yang saya tahu untuk menghangatkan badan, mencegah mag. Sedangkan khasiat jahe putih salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung kita," ujarnya.

Sedangkan untuk harga rempah lainnya masih stabil seperti salah satunya kunyit dengan harga Rp25.000 per kilogram. Sedangkan harga temu lawak mengalami kenaikan dari harga Rp25.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram.

Sementara untuk harga bawang putih saat ini sudah mulai mengalami penurunan, dari seminggu sebelumnnya di kisaran Rp38.000 per kilogram kini menjadi Rp36.000 per kilogram.

“Harga bawang putih yang saya stok sekarang mulai menurun, satu minggu lalu saya jual harga pasar Rp38.000 kini menjadi Rp36.000 per kilogram. Meskipun sudah turun namun saat ini masih dikatakan mahal karena harga normal bawang putih tidak tembus Rp30.000 per kilogram,"katanya.

Untuk komoditas ayam saat ini juga mengalami penurun. Satu di antara pedagang ayam, Ahmadi menerangkan harga ayam saat ini mengalami penurunan dari Rp32.000 per kilogram kini menjadi Rp29.000 per kilogram.

“Untuk harga ayam sekarang sudah mengalami penurunan, ayam yang saya pesan ini dari lokal yakni dari Pontianak, karena saat ini ketersediaan ayam yang masih banyak. Sehingga harga menjadi turun yakni dari Rp32.000 sekarang menjadi Rp.29.000 per kilogram,” jelas dia.



Baca juga: Jahe merah tembus Rp100 ribu di Pasar Senen
Baca juga: Jahe merah menipis di Pasar Baru karena dianggap ampuh tangkal corona
Baca juga: Petani jahe merah di Lebak raih keuntungan

Pewarta: Dedi/ Bio
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020