Arab Saudi tangkap dua anggota kerajaan, termasuk adik Raja Salman

Arab Saudi tangkap dua anggota kerajaan, termasuk adik Raja Salman

Arsip Foto - Putera Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Nayef di Mekah (5/9/2016). ANTARA/REUTERS/Ahmed Jadallah/aa.

Dubai (ANTARA) - Arab Saudi menangkap dua anggota senior keluarga kerajaan Saudi yakni adik Raja Salman, Pangeran Ahmed bin Abdulaziz, serta keponakan raja, Mohammed bin Nayef, menurut dua sumber yang mengetahui penangkapan tersebut.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman, putra Raja Salman sekaligus penguasa de facto negara pengekspor minyak utama dunia itu serta sekutu AS, berupaya memperkuat kekuasaan sejak menggulingkan sepupunya, Mohammed bin Nayef, sebagai pewaris takhta dalam kudeta kerajaan 2017. Ia memerintahkan penahanan sejumlah bangsawan dalam aksi antikorupsi selama akhir tahun itu.

Salah satu sumber mengungkapkan penangkapan berlangsung pada Jumat. Reuters belum berhasil menentukan alasan dibalik penahanan tersebut.

Sementara itu, The Wall Street Journal (WSJ) melaporkan penahanan dua anggota kerajaan tersebut pada Jumat pagi dan menyebutkan penahanan terkait dengan percobaan kudeta.

Pejabat Arab Saudi belum dapat dihubungi untuk diminta komentar pada Sabtu, demikian juga dengan pemerintah pusat.

Pangeran Ahmed merupakan satu-satunya dari tiga orang yang duduk di Dewan Kesetiaan, yang terdiri atas anggota senior keluarga Al Saud berkuasa, yang tak sudi Mohammed bin Salman menjadi putra mahkota pada 2017, demikian menurut sumber sebelumnya.

Disebutkan pula, sejak saat itu gerak gerik Mohammed bin Nayef dibatasi dan diawasi.

Sejumlah sumber mengatakan beberapa bangsawan yang berupaya mengubah garis suksesi menganggap Ahmed, satu-satunya saudara laki-laki Raja Salman yang masih hidup, sebagai pilihan yang mungkin akan memperoleh dukungan dari anggota kerajaan, aparat keamanan dan sejumlah kekuatan Barat. 

Sumber: Reuters

Baca juga: Raja Saudi rombak kabinet, angkat Menlu baru

Baca juga: Pengawal pribadi Raja Salman tewas tertembak akibat cekcok

Baca juga: Penipu Putri Kerajaan Arab Saudi ditangkap

 

Garuda akan pangkas penerbangan ke Arab Saudi

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar