Perkokoh pengawasan sumber daya, KKP gandeng Dinas Kelautan DKI

Perkokoh pengawasan sumber daya, KKP gandeng Dinas Kelautan DKI

Kapal nelayan terlihat di perairan sekitar Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Jumat (28/2/2020). ANTARA/Fauzi Lamboka/am.

DKI Jakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki kompleksitas tinggi terkait ancaman kerusakan sumber daya kelautan dan perikanan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Dinas Ketahanan Pangan  Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta guna  meningkatkan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan nasional.

"Baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat memiliki tugas yang sama untuk melindungi sumber daya kelautan dan perikanan. Kami menyambut baik adanya kerja sama ini sebagai langkah untuk memperkuat pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan," kata Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan(PSDKP) KKP Tb Haeru Rahayu dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: KKP gandeng Pemda Babel perkuat pengawasan kelautan

Dirjen PSDKP turut menyaksikan penandatanganan PKS yang dilakukan Sekretaris Ditjen PSDKP Suharta dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Darjamuni.

Ia mengemukakan pula sinergi antara pemerintah pusat dan pemda mutlak diperlukan agar wilayah pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang sedemikian luas dapat diawasi dan dijaga kelestariannya.

"Kerja sama ini tentu untuk saling melengkapi. Ada hal-hal yang bisa didukung oleh Ditjen PSDKP dan sebaliknya ada dukungan yang bisa diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar pelaksanaan pengawasan di DKI Jakarta dapat berjalan dengan baik," jelasnya.

Menurut dia, DKI Jakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki kompleksitas tinggi terkait ancaman kerusakan sumber daya kelautan dan perikanan.

Selain karena objek pengawasan yang beragam baik di darat maupun di laut, keterbatasan sarana dan prasarana serta SDM di bidang pengawasan juga memberikan tantangan tersendiri.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta Darjamuni menyampaikan apresiasi atas respons Ditjen PSDKP yang segera memfasilitasi pelaksanaan perjanjian kerja sama tersebut.

Ia menjelaskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang mendorong semua SKPD di DKI Jakarta untuk bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam optimalisasi pelaksanaan tugas pemerintah daerah.

“Terus terang melalui sinergi dengan KKP kami merasa sangat terbantu dan lebih yakin dalam melaksanakan tugas pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah DKI Jakarta," ungkapnya.

Upaya merangkul pemerintah daerah dalam pelaksanaan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan semakin digencarkan oleh Ditjen PSDKP.

Beberapa kerja sama dengan pemerintah daerah telah dilaksanakan di antaranya dengan Bangka Belitung, Anambas, Natuna, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

Baca juga: KKP terus koordinasi dengan Menko Polhukam perketat pengawasan
Baca juga: KKP perketat pengawasan perairan tempat masuknya kapal ilegal

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar