Ke depan kami berencana akan membangun RSGM yang lebih besar
Makassar (ANTARA) - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Hasanuddin (Unhas) mendapatkan akreditasi sebagai RSGM di bawah naungan universitas berstatus sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama (RSPU) pertama di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan RI.

Direktur RSGM Unhas drg A Tajrin MKes Sp.BM(K)) di Makassar, Sabtu, menjelaskan bahwa proses untuk memperoleh akreditasi sebagai RSGM Pendidikan tidaklah mudah dan banyak indikator dan kriteria yang harus dipenuhi untuk memperoleh status ini.

"Sebelum berstatus sebagai RSGM Pendidikan, terlebih dahulu harus terakreditasi paripurna yang dikeluarkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS)," katanya.

Menurut dia, di Indonesia, sudah ada tujuh RSGM, termasuk RSGM Unhas yang sudah terakreditasi paripurna.

Baca juga: Pemerintah Pusat Kucurkan Rp125 Miliar Bangun RS Pendidikan

"Setelah terakreditasi paripurna, kita bergerak cepat untuk bisa terakreditasi sebagai RS Pendidikan. Unhas yang pertama di Indonesia mendapatkan akreditasi ini," jelas drg Tajrin.

drg Tajrin menjelaskan, cukup banyak tantangan yang dihadapi selama proses persiapan. Namun, hal itu dapat dilalui dengan melakukan pendekatan dan memberikan motivasi kepada seluruh unsur RSGM Unhas.

"Kita memotivasi seluruh unsur kampus bahwa kita harus bisa. Alhamdulillah semua mau bergerak. Kami bersyukur bahwa seluruh unsur mulai dari pimpinan fakultas, mahasiswa, sampai unsur pimpinan universitas memberikan dukungan. Sehingga, target yang awalnya kami tetapkan dua tahun, ternyata dapat tercapai lebih cepat," kata drg. Tajrin.

Di seluruh Indonesia, ada sekitar tiga puluh Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang berada di bawah naungan perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Baca juga: RSUD Dumai disiapkan jadi rumah sakit pendidikan

Rumah Sakit ini memberikan pelayanan pendidikan bagi mahasiswa pengambil program profesi atau koas maupun residen yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan. Sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan, seluruh Rumah Sakit yang memberikan pendidikan koas dan residen wajib terakreditasi sebagai RSGM Pendidikan.

Dengan status sebagai RSGM Pendidikan, Unhas mendapatkan pengakuan sebagai RSGM yang memberikan pendidikan bagi mahasiswa koas, spesialis maupun residen.

RSGM Unhas juga dapat menerima mahasiswa dari luar Unhas yang ingin menyelesaikan pendidikannya.

Selain itu, sistem pelayanan kesehatan yang diberikan tentu akan berbeda karena sistem pelayanannya telah sesuai dengan sistematika sesuai standar Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Presiden terima jajaran rektorat UI bahas RS Pendidikan

drg Tajrin berharap RSGM Unhas bisa menjadi pusat pelayanan kesehatan dan pendidikan gigi di Indonesia. Harapan ini dibuktikan dengan komitmen RSGM Unhas yang saat ini sudah berstatus sebagai RSGM Pendidikan pertama di Indonesia.

"Ke depan kami berencana akan membangun RSGM yang lebih besar, agar pelayanan kami semakin maksimal. Selain itu, kami akan terus mendorong mahasiswa kami, agar bisa menyelesaikan pendidikan mereka sesuai dengan target yang sudah ditentukan," sebutnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020