untuk Kembangkan Proyek Gas Metan Danau Kivu
    
Investasi senilai $325 Juta Terbesar dalam Sejarah Rwanda Sekaligus Akan Menambah Listrik Berkapasitas 100 MW
   
     NEW YORK, 3 Maret (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- ContourGlobal hari ini mengumumkan bahwa anak perusahaannya, ContourGlobal Kivuwatt Ltd menandatangani perjanjian dengan Republik Rwanda guna membangun pusat pengambilan gas dan pembangkit listrik terpadu yang akan memasok listrik bertenaga gas alam berkapasitas 100 MW ke Rwanda dan Kawasan Afrika Timur.

     Proyek Kivuwatt-nya ContourGlobal senilai $325 juta ini merupakan pusat berskala besar pertama yang mengambil metan dari kedalaman Danau Kivu, danau berair dalam di perbatasan Rwanda dan Republik Demokrat Kongo. Danau Kivu memiliki sumber energi unik, larutan gas metan di dasar danau tersebut. Gas ini dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Pengambilan gas ini juga sangat mengurangi kerusakan terhadap lingkungan karena gas dilepaskan secara alami dari danau serta memberi sumber tenaga listrik yang ramah lingkungan dan berkesinambungan.

     ContourGlobal akan mengembangkan, membangun dan mengoperasikan sistem pengambilan gas berbasis platform di lepas pantai Rwanda dan akan mengambil gas metan dari kedalaman 350 meter. Gas tersebut akan diproses dan disalurkan melalui jaringan pipa ke pembangkit listrik ContourGlobal yang tengah dibangun di Kibuye, Rwanda. Pembangkit listrik ini merupakan Proyek Tenaga Listrik Independen yang dibuat di Rwanda dan akan menambah kapasitas listrik yang saat ini dihasilkan di negara tersebut. Di samping itu, listrik yang dihasilkan oleh proyek ini juga akan melayani Uganda, Republik Demokrat Kongo dan Burundi.

     ContourGlobal telah merancang dan mengembangkan proyek ini selama dua tahun serta melakukan survei menyeluruh di bawah laut dan pengambilan contoh gas metan di dasar danau tersebut. Proyek ini akan dibangun dalam dua tahap dengan tahap pertama berkapasitas 25 MW beroperasi pada 2010 dan tahap kedua berkapasitas 75 MW mulai beroperasi pada 2012.

     Listrik yang dihasilkan oleh proyek ini akan membantu negara Afrika Timur tersebut mengatasi kelangkaan listrik parah yang menghambat pertumbuhan ekonominya dan menyebabkan penggundulan hutan di kawasan Danau Kivu karena penduduk tidak punya pilihan selain menggunakan kayu bakar. Proyek ini berlokasi di kawasan yang amat membutuhkan sumber tenaga listrik yang lebih murah dan handal.

     Komponen pembangkit listrik proyek ini akan diperkuat oleh mesin pembakar gas alam Wartsila. ContourGlobal Kivuwatt Ltd mengadakan perjanjian konsesi dan pembelian tenaga listrik 25 tahun di mana ia akan menjual listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tersebut ke perusahaan distribusi listrik Rwanda, Electrogaz.

     Joseph Brandt, Presiden sekaligus Kepala Eksekutif Contour Global, menyatakan, "Kami senang Pemerintah Rwanda mempercayakan kami dengan pengembangan sumber daya unik ini. Gas Danau Kivu akan memberikan sumber pembangkit listrik yang bersih bagi kawasan yang mengalami kelangkaan parah listrik yang handal dan terjangkau. Pemanfaatan sumber daya gas danau tersebut juga akan mengurangi resiko pelepasan tak terkendali gas dari danau. Proyek Kivuwatt kami akan menghasilkan listrik murah di Rwanda dan kawasan yang lebih luas serta memungkinkan Pemerintah Rwanda membawa listrik yang terjangkau ke jutaan penduduknya."
   
     Craig Huff, Kepala Eksekutif Bersama Reservoir Capital Group sekaligus Presiden Komisaris ContourGlobal mengatakan, "Perkembangan pesat potensi pembangkit listrik Afrika akan terjadi pada dekade mendatang dan kami gembira memimpin upaya itu dengan proyek inovatif ini. ContourGlobal punya banyak usaha pembangkitan baru yang menjanjikan di Afrika dan kami terus mendapati kawasan ini tempat yang menarik bagi penanaman modal. Pemerintah Rwanda merupakan mitra pengembangan yang sangat baik dan kami berterima kasih kepada mereka atas dukungannya. Kebijakan Pemerintah menciptakan iklim yang sangat menarik bagi para penanam modal."
   
     Menteri Negara yang bertugas mengurusi Energi dan Air di Kementerian Prasarana Republik Rwanda, Dr. Albert Butare menyatakan: "Perundingan dengan ContourGlobal selama 17 bulan terakhir terbukti sangat berhasil. Pemerintah Rwanda telah dapat meresmikan pabrik percontohan Gas Metan 4 MW pertama pada November 2008, yang sekarang memasok listrik ke jaringan nasional. Namun penandatanganan perjanjian dengan ContourGlobal dalam proyek gas metan ke listrik 100 MW merupakan langkah baru yang amat besar dan penting ke arah pasokan listrik masa depan yang handal ke Rwanda. Pasokan tenaga listrik yang cukup diperlukan guna memenuhi tujuan Pemerintah meningkatkan kemudahan memperoleh listrik untuk penduduk dan industrinya sehingga proyek ini sangat penting bagi kami. Ini merupakan yang pertama dalam hal besarnya kerjasama dengan pemodal swasta di sektor energi dan kami begitu menanti-nanti pelaksanaannya."
   
     ContourGlobal mengembangkan dan mengoperasikan usaha listrik serta gabungan panas dan tenaga listrik di seluruh dunia bagi pemerintah maupun perusahaan multinasional. Perusahaan ini memfokuskan pada pasar yang tumbuh pesat dan kurang terlayani maupun ceruk inovatif di negara maju -- seperti energi terbarukan serta Gabungan Panas dan Tenaga Listrik (CHP). Perusahaan ini terdiri atas sebelas usaha yang tengah beroperasi dan dibangun di empat benua dengan kapasitas listrik kira-kira 1.000 MW serta jaringan aktif usaha pengembangan baru berkapasitas 10.000 MW.

     Di Afrika, ContourGlobal saat ini membangun proyek pembangkit listrik di tiga negara: Togo, Nigeria dan Rwanda. Perusahaan ini juga aktif mengembangkan proyek lagi di Afrika Sub-Sahara.

     Reservoir Capital Group adalah firma investasi swasta dengan dana kira-kira $4 miliar yang tengah dikelola sekaligus pemegang saham mayoritas ContourGlobal.

     Di samping ContourGlobal dan Pemerintah Rwanda, peserta sekaligus penasihat proyek Kivuwatt adalah: Wartsila (penyedia stasiun pembangkit listrik), Antares Offshore (penasihat pengambilan gas), Norton Rose (penasihat ContourGlobal Kivuwatt Ltd), dan penasihat Pemerintah Rwanda, Hogan & Hartson dan Kelley, Drye dan Warren.

     Kunjungi situs web ContourGlobal di www.contourglobal.com
   
     SUMBER: ContourGlobal
   
     KONTAK: Kathleen Valadez,
                    +1-212-610-9148,
                    untuk ContourGlobal


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009