Pemkot Depok dirikan posko kesehatan di terminal cegah virus corona

Pemkot Depok dirikan posko kesehatan di terminal cegah virus corona

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana. ANTARA/Feru Lantara/am.

melihat masyarakat yang begitu antusias
Depok (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Sosial (Dinsos) mendirikan posko kesehatan di Terminal Depok Jawa Barat, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pencegahan virus Corona COVID-19.

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana di Depok, Minggu mengatakan, posko ini dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Sementara petugas medis yang disiagakan sebanyak tiga orang. Terdiri dari dua dokter dan satu petugas promosi kesehatan.

"Kami sebagai bagian dari tim penanganan dan pencegahan virus Corona yang telah ditunjuk melalui Surat Keputusan Wali Kota Depok, bertugas untuk terus mensosialisasikan pencegahan virus tersebut. Kami pilih lokasinya di Terminal Depok karena merupakan simpul pergerakan masyarakat yang paling banyak," kata Dadang.

Baca juga: Kamboja laporkan kasus pertama warganya terkena COVID-19
Baca juga: Operasikan "Rail Clinic", KAI Daop Madiun peduli pencegahan COVID-19
Baca juga: Dua petugas pemindai di bandara Los Angeles positif corona


Menurut dia, di posko ini disediakan hand sanitizer, masker dan spanduk sosialisasi tentang pencegahan penyebaran virus corona dan gerakan hidup sehat. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai virus tersebut dan cara mencegahnya.

"Melihat masyarakat yang begitu antusias, kami akan evaluasi terkait berapa lama posko ini ada di sini," jelasnya.

Dirinya menambahkan, kehadiran posko tersebut juga diharapkan dapat memberi ketenangan dan tidak menimbulkan kepanikan kepada para penumpang yang akan melakukan perjalanan. Hal tersebut terlihat dari jumlah penumpang di Terminal dan Stasiun Depok yang tidak mengalami penurunan.

"Kami sudah cek langsung. Alhamdulillah, di dalam stasiun juga sudah ada posko kesehatannya, demikian pula di simpul transportasi lainnya. Sebagai contoh pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona di Terminal Terpadu Jatijajar," ucapnya.

Ia berharap warga untuk tidak panik serta tetap meningkatkan kewaspadaan dan berdoa, agar kondisi seperti ini bisa cepat dipulihkan.

Baca juga: Dokter sebut pasien Corona punya harapan besar sembuh
Baca juga: Indian Wells keluarkan aturan baru antisipasi penyebaran corona
Baca juga: Pasien corona di Afghanistan bertambah jadi empat orang

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Edisi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar