Tim SAR Asmat evakuasi penumpang perahu motor di Muara Uwus

Tim SAR Asmat evakuasi penumpang perahu motor di Muara Uwus

Kepala Kantor SAR Timika Monce Brury. ANTARA/Evarianus Supar

"Kami menerima informasi dari seorang warga di Agats bahwa ada sebuah perahu motor dengan penumpang berjumlah 23 orang tujuan Distrik Safan menuju Agats mengalami bocor dan mesin rusak (propeler patah) di sekitar Muara Uwus..."
Timika (ANTARA) - Kantor Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Agats Kabupaten Asmat mengerahkan sejumlah personel dibantu personel TNI AL dan warga setempat, Minggu petang guna membantu evakuasi puluhan penumpang perahu motor yang mengalami kebocoran di Muara Uwus, Asmat.

Kepala Kantor SAR Timika, Monce Brury kepada ANTARA di Timika, Minggu mengatakan jajaran Pos SAR Asmat menerima laporan kasus perahu bocor tersebut dari seorang warga Agats bernama Yanes Akanmor pada Minggu  sekitar pukul 17.07 WIT.

Perahu tersebut tengah dalam perjalanan dari Distrik Safan menuju Kota Agats dengan membawa penumpang 23 orang. Perahu tersebut berangkat dari Distrik Safan pada pukul 16.28 WIT.
Baca juga: Balita tenggelam di Distrik Sawaerma terus dicari tim SAR Asmat
Baca juga: Dua warga hilang di Perairan Asmat terus dicari SAR gabungan


"Kami menerima informasi dari seorang warga di Agats bahwa ada sebuah perahu motor dengan penumpang berjumlah 23 orang tujuan Distrik Safan menuju Agats mengalami bocor dan mesin rusak (propeler patah) di sekitar Muara Uwus. Setelah menerima laporan tersebut, kami langsung merespon dengan mengirim personel ke lokasi kejadian untuk membantu evakuasi para penumpang," kata Monce.

Monce mengatakan waktu tempuh perjalanan dari Agats menuju Muara Uwus diperkirakan sekitar 32 menit. Tim SAR Asmat bersama unsur pendukung lainnya berangkat ke lokasi kejadian menggunakan satu unit RIB (Rigid Inflatable Boat) milik Pos SAR Agats dibantu satu unit perahu panjang milik keluarga korban.

"Kami belum mendapat informasi apakah seluruh penumpang sudah bisa dievakuasi ke Agats. Mudah-mudahan penumpang perahu motor tersebut menepi ke pinggir sungai sehingga memudahkan tim untuk mengevakuasi mereka. Kami menerima informasi, sebagian dari penumpang itu masih anak-anak," ujar Monce.
Baca juga: Tim SAR gabungan Asmat kembali cari korban perahu tenggelam
Baca juga: Dilaporkan hilang, TIM SAR temukan kapal cepat berisi 37 warga Asmat

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar