Latifa raih nilai SKD tertinggi formasi CPNS Kemenag Aceh

Latifa raih nilai SKD tertinggi formasi CPNS Kemenag Aceh

Latifa Sahara peserta seleksi CPNS asal Asir-Asir Kabupaten Aceh Tengah yang meraih nilai tertinggi dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) di Banda Aceh, Provinsi Aceh. (ANTARA/HO)

Banda Aceh (ANTARA) - Latifa Sahara peserta seleksi CPNS asal Asir-Asir Kabupaten Aceh Tengah meraih nilai tertinggi dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) berbasis komputer untuk formasi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh.

"Alhamdulillah, ujian berjalan dengan lancar, selamat juga kepada peserta yang mendapat nilai tertinggi. Untuk kelulusan SKD menunggu informasi selanjutnya setelah pemeringkatan," kata Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh Saifuddin di Banda Aceh, Ahad.

Latifa berhasil mendapatkan nilai 417. Angka itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai peraih nilai tertinggi sementara dalam ujian SKD bagi CPNS Kemenag Aceh pada 2020, yang akan berlangsung hingga 10 Maret mendatang.

Perempuan kelahiran 17 Mei 1993 tersebut menyebutkan dirinya memilih formasi guru Fisika. Ia mengaku segala usaha dilakukan untuk menaklukkan soal-soal ujian SKD tersebut. Katanya usaha tidak akan mengkhianati hasilnya.

Baca juga: Menpan-RB akan bahas banyaknya peserta CPNS Maluku tak lolos

Untuk tes wawasan kebangsaan (TWK) Latifa mendapatkan skor 115, kemudian tes intelegensi umum (TIU) dengan skor 150 dan tes karakteristik pribadi (TKP) meraih skor 152.

"Saya sempat ikut bimbingan belajar bersama teman-teman yang lain, juga sering ikut simulasi dan try out-nya. Termasuk saya ikuti juga try out dari situs Badan Kepegawaian Nasional (BKN)," katanya.

Menurut dia tips untuk mendapatkan hasil yang baik saat SKD ialah dengan memperbanyak diskusi tentang soal-soal menyangkut seleksi tersebut. Tentu usaha juga harus dibarengi dengan berdoa.

"Paling penting minta ampunan dosa kepada Allah dan minta restu dan doa dari orang tua, suami dan keluarga, shalat tahajud, dhuha dan shalat hajat. Sebelum tes jangan berhenti zikir dan baca surah Alam Nasyrah, Ayat Kursi, Alfatihah dan tiga qul," katanya.

Sementara itu, untuk nilai tertinggi kedua diraih Hafiz Arif Lubis asal Tembung, Deli Serdang, Sumatera Utara. Alumni Universitas Sumatera Utara itu meraih nilai 409, dia juga mendaftar dengan formasi yang sama dengan Latifa.

"Tips dari saya banyak latihan soal-soal CPNS, semakin sering kita ikut latihan semakin kita terlatih untuk manajemen waktu ujiannya, tantangan sebenarnya adalah manajemen waktu," katanya.

Disamping itu juga terdapat empat orang lagi dengan nilai tertinggi sementara dalam ujian SKD tersebut, yakni Muhammad Iqbal dengan skor 407, Rachmad Wahidi skor 404, Indah Rahmayasari Birawan dengan skor 402, dan Muhammad Faris Fasya mendapat skor 399.*

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ekspor tanah pozzolan ke India dan Bangladesh tertunda

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar