Trik membersihkan noda kosmetik pada pakaian

Trik membersihkan noda kosmetik pada pakaian

Ilustrasi minyak kelapa (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Bermain dengan riasan wajah memang menyenangkan, namun terkadang meninggal meninggalkan noda di pakaian yang sulit dihilangkan.

Membersihkan bekas riasan atau noda kosmetik bukanlah hal yang mudah. Namun ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk menghilangkan atau sekadar menyamarkan noda tersebut, berikut adalah uraiannya dilansir Boldsky, Minggu.

Baca juga: Tip cantik, sesuaikan pembersih wajah dengan tipe kosmetik

Baca juga: Tips bersolek saat wajah berjerawat


1. Minyak kelapa
Minyak kelapa banyak digunakan sebagai pembersih riasan alami. Minyak ajaib ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda lipstik dari pakaian Anda.

Letakkan sedikit minyak kelapa di atas noda dan biarkan meresap. Lalu tuangkan beberapa tetes deterjen cair ke noda. Gosok deterjen pada noda menggunakan ujung jari. Diam kan selama beberapa menit agar terserap kemudian cucilah baju tersebut seperti biasa.

2. Krim cukur
Krim cukur berguna untuk menghilangkan noda lipstik dan alas bedak atau foundation. Ambil krim cukur dalam jumlah banyak dan oleskan di atas noda. Biarkan terserap selama 10-15 menit dan gunakan air dingin untuk membersihkan nodanya.

3. Alkohol
Menggosok dengan spiritus adalah cara yang efektif namun keras untuk menghilangkan noda riasan. Caranya, rendam bola kapas dengan alkohol dan gosokkan di atas noda riasan hingga mulai luntur.

Meski ampuh untuk menghilangkan noda, penggunaan alkohol adalah pilihan terakhir karena dapat merusak pakaian.

4. Aseton
Selain berguna untuk membersihkan cat kuku, aseton juga berguna untuk menghilangkan noda cat kuku di pakaian. Caranya, letakkan kain pada permukaan yang rata dengan sisi yang bernoda menghadap ke bawah.

Ambil beberapa tetes aseton pada tisu dan usap lembut pada noda. Jangan menggosoknya sebab malah akan melebarkan noda. Setelah noda menghilang atau memudar, cuci pakaian dengan mesin cuci.

Baca juga: Awas bakteri berbahaya pada aplikator "make-up" kotor

Baca juga: 5 tren tata rias ini akan ditinggalkan pada 2020

Baca juga: Dandan kilat ala Kylie Jenner

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Natural, trend make up terkini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar