Sekjen PBB Balas Surat Ginandjar Soal Palestina

Jakarta (ANTARA News) - Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-Moon menanggapi surat Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita tentang keputusan Sidang Paripurna DPD pada 5 Januari 2009 yang mendesak penghentian agresi Israel ke Palestina.

Balasan surat Ban Ki-Moon kepada Ginandjar tersebut tertanggal 11 Februari 2009, demikian siaran pers DPD di Jakarta, Rabu.

Dalam suratnya, Ban Ki-moon menyatakan harapannya bahwa PBB akan melanjutkan berbagai usaha untuk membantu tercapainya gencatan senjata yang tetap dan memberi kontribusi untuk tercapainya tujuan utama mengakhiri pendudukan yang dimulai tahun 1967 dan pendirian negara Palestina.

Selain itu, juga demi terjaminnya perdamaian dan keamanan yang adil, abadi, dan komprehensif antara Israel dan seluruh tetangga Arab-nya berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sebelumnya DPD mengirimkan surat kepada Sekjen PBB pada tanggal 7 Januari 2009. Dalam suratnya itu, DPD mendesak penghentian agresi Israel ke Palestina.

DPD juga meminta agar The International Court of Justice (ICJ) mengadili pihak-pihak yang bertanggung jawab dan terlibat agresi Israel di Gaza.

Selain ke PBB, surat yang sama juga ditujukan kepada Pemerintah dan negara-negara di kawasan Timur Tengah.(*)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Aneksasi Israel dan COVID-19 perparah kondisi rakyat Palestina

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar