Kami minta pihak bandara juga pelabuhan untuk menyiapkan alat-alat pendeteksi dini bagi mereka yang datang ke Indonesia, apakah suhunya baik atau tidak
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti menginginkan berbagai pihak terkait dapat memperketat akses masuk di beragam bandara dan pelabuhan di Tanah Air, sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona tipe baru atau Covid-19.

"Kami minta pihak bandara juga pelabuhan untuk menyiapkan alat-alat pendeteksi dini bagi mereka yang datang ke Indonesia, apakah suhunya baik atau tidak," kata Novita Wijayanti dalam rilis di Jakarta, Senin.

Menurut politisi Partai Gerindra tersebut, bila ternyata sudah ditemukan mereka yang datang melalui berbagai akses tersebut ternyata suhunya lebih dari apa yang telah ditentukan, maka bisa saja dikarantina.

Novita dengan tegas meminta kepada mitra kerja meningkatkan antisipasi terhadap siapa saja yang akan masuk ke wilayah NKRI, terutama di pintu-pintu masuk seperti di bandara juga di pelabuhan.

Baca juga: Angkasa Pura I tingkatkan upaya cegah sebaran Virus Corona di bandara

Selain itu, lanjut dia, disarankan agar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) harus riil dalam memberikan informasi-informasi kepada publik.

Dengan kata lain, kata Novita, harus ada sistem yang baik dalam mengatur arus informasi yang disampaikan sehingga dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya.

"Jangan sampai informasi yang disampaikan hanya formalitas saja. Informasi yang disampaikan itu harus benar-benar dipastikan sampai kepada masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) bersama Kantor Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan memastikan prosedur pembatasan kedatangan penumpang dari Iran, Italia dan Korsel dijalankan penuh dengan menyiapkan jalur khusus di bandara-bandara yang dikelola perusahaan itu.

Baca juga: Cegah wabah corona, AP II siapkan jalur khusus penumpang 4 negara

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020