Selain dua pasien di RSMS Purwokerto, dua pasien dalam pengawasan di ruang isolasi RSUD Banyumas juga dinyatakan negatif dari Covid-19.
Purwokerto (ANTARA) - Empat dari lima pasien dalam pengawasan pada dua rumah sakit di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dinyatakan negatif dari infeksi virus corona jenis baru (COVID-19), sedangkan satu pasien lainnya masih menunggu hasil uji laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

Saat dihubungi wartawan di Purwokerto, Senin, Direktur RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) dr. Purwokerto Tri Kuncoro mengatakan pihaknya dalam satu pekan terakhir melakukan pengawasan terhadap tiga pasien di ruang isolasi.

Ia mengatakan berdasarkan hasil uji laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan di Jakarta, dua pasien yang masing-masing berasal dari Kabupaten Banjarnegara dan Kebumen dinyatakan negatif dari Covid-19 sehingga mereka akan dipulangkan.

"Malah rencananya akan dijemput (petugas) Dinas Kesehatan kabupaten. Sedangkan pasien dari Cilacap belum dipulangkan karena masih menunggu hasil dari Blitbangkes Kemenkes Jakarta," katanya.
Baca juga: Bupati: Pemkab Banyumas antisipasi penyebaran virus corona

Selain dua pasien di RSMS Purwokerto, dua pasien dalam pengawasan di ruang isolasi RSUD Banyumas juga dinyatakan negatif dari Covid-19.

Wakil Direktur RSUD Banyumas Noegroho Harbani mengatakan pihaknya telah menerima hasil uji laboratorium Balitbangkes Kemenkes yang menyatakan dua pasien asal Kabupaten Banyumas itu negatif dari Covid-19.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya saat sekarang sedang menyiapkan pemulangan dua pasien tersebut.

"Kita diskusikan dengan semua dokter penanggung jawab pasien dan yang merawat. Kita juga koordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dan puskesmas setempat," jelasnya.
Baca juga: RSUD Banyumas observasi dua pasien dengan gejala demam

Seperti diwartakan, RSMS Purwokerto melakukan pengawasan terhadap tiga pasien yang seluruhnya berjenis kelamin perempuan dan baru pulang dari luar negeri.

Pasien pertama berasal dari Banjarnegara, berusia 66 tahun, serta diketahui baru pulang dari Malaysia dan dirawat di RSMS Purwokerto sejak Selasa (3/3) malam.

Pasien kedua berasal dari Kebumen, berusia 34 tahun, dan diketahui baru pulang dari Taiwan serta menjalani perawatan di RSMS Purwokerto sejak Rabu (4/3) siang.

Pasien ketiga berasal dari Cilacap, berusia 34 tahun, dan diketahui baru pulang dari Macau serta menjalani perawatan di RSMS Purwokerto sejak Kamis (5/3) malam.

Sementara RSUD Banyumas juga melakukan pengawasan terhadap dua pasien berjenis kelamin perempuan di ruang isolasi dan seluruhnya berasal dari Banyumas.

Pasien pertama berusia 44 tahun diketahui baru pulang dari Hong Kong dan menjalani perawatan di RSUD Banyumas sejak hari Selasa (3/3), sedangkan pasien kedua berusia 26 tahun diketahui baru pulang dari Singapura dan menjalani perawatan di RSUD Banyumas sejak Rabu (4/3) siang.
Baca juga: Bupati: RSUD Banyumas tangani seorang terduga corona

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020