KRI legendaris Dewaruci akan dibuka untuk umum di Pelabuhan Soekarno Hatta
Makassar (ANTARA) - Dua kapal perang Indonesia (KRI) Dewaruci dan Bima Suci-945 akan dibuka untuk umum (open ship) pada 14-15 Maret 2020 dalam rangka memeriahkan kegiatan transplantasi terumbu karang kebangsaan "Garuda Di Lautku".

"Insyaallah dua KRI kita, satu diantaranya adalah KRI legendaris Dewaruci akan dibuka untuk umum di Pelabuhan Soekarno Hatta," ujar Asisten Perencanaan Komandan Pangkalan Utama TNI AL Letkol Laut (P) Dedi Sugianto di Makassar, Senin.

Ia mengatakan dua kapal perang milik TNI Angkatan Laut ini akan memeriahkan puncak kegiatan Garuda Di Lautku pada 18 Maret 2020.

Letkol Dedi menyatakan pembukaan untuk umum dua kapal perang ini juga agar masyarakat bisa lebih dekat dengan TNI melalui alat utama sistem persenjataan (alutsista) tersebut.

Baca juga: Lantamal VI datangkan KRI Dewaruci dan Bima Suci gelar "Openship"
Baca juga: Prajurit TNI rayakan ulang tahun ke-65 KRI Dewaruci


Ia menyebutkan open ship akan diselenggarakan menjelang acara puncak "Garuda Di Lautku" atau dua hari sebelumnya. Pembukaan dua KRI ini tidak dipungut biaya dan akan dimulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA.

"TNI lahir dari rahim rakyat. TNI sangat dekat dengan rakyat dan open ship ini bagian dari mendekatkan TNI dengan rakyatnya," katanya.

Lebih lanjut Letkol Dedi menerangkan, satu KRI lain yakni KRI Bima Suci -945 juga akan hadir untuk memeriahkan agenda itu.

KRI Bima Suci-945 merupakan kapal layar buatan perusahaan kapal ternama Spanyol yang berlokasi di Kota Vigo, Freire Shipyard.

Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi ini, memiliki ukuran panjang totalnya 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas.

Baca juga: Dua KRI Dewaruci-Bima Suci sukseskan "Garuda di Lautku"
Baca juga: KRI Dewaruci membawa Wali Kota Manado berlayar di Laut Bunaken


Kapal kelas Bark (Barque) tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi dan ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut.

Sedangkan KRI Dewaruci merupakan salah satu kapal legendaris Indonesia. Kapal ini dibangun di Hc Stulcken & Son Jerman pada 1952.

Kapal yang berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini dibangun di H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal pada 1952 yang masih laik layar dari tiga kapal sejenis yang pernah diproduksi.


 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020