Kami berharap kegiatan pameran ini masyarakat khususnya generasi muda lebih mencitai, peduli dan terbuka untuk lebih mengenali sejarah bangsa ini
Pangkalpinangpa (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi pameran sejarah "history goes to mall" karena dapat menambah pengetahuan pengunjung pusat perbelanjaan tentang perjuangan para pemimpin dan tokoh kemerdekaan yang diasingkan di Pulau Bangka.

"Kegiatan pameran di pusat perbelanjaan ini sangat menarik, kreatif dan interaktif, sehingga pengunjung tidak merasa bosan mengenali sejarah bangsa ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Babel, Rivai saat membuka pameran sejarah goes to mall di Transmart Pangkalpinang, Senin.

Baca juga: Kedubes Australia gelar pameran sejarah hubungan dengan Indonesia

Ia mengatakan pameran sejarah history goes to mall bertemakan "Van Bangka Begint de Victorie" atau Bangka awal datangnya kemenangan yang diinisiasi oleh Museoreka Pijar Kreasi sangat luas biasa, sehingga dapat menjadi pembelajaran pengunjung pusat perbelanjaan ini untuk lebih mengenali perjuangan para pemimpin dan tokoh bangsa yang diasingkan di pulau timah ini.

"Bagi kami pameran ini merupakan suatu pembelajaran dalam mengemas kegiatan pameran sejarah yang lebih menarik, sehingga masyarakat tertarik berlama-lama melihat foto-foto, dokumen bersejarah," ujarnya.

Baca juga: Pameran koran langka Seratoes-248 Kalbar kenalkan sejarah

Menurut dia selama kegiatan pameran dilakukan di dalam ruangan dengan suasana cukup membosankan bagi masyarakat khususnya generasi muda.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengedukasi generasi muda dan meningkatkan kunjungan wisatawan untuk lebih mengenali peninggalan-peninggalan bersejarah di Pulau Bangka ini," katanya.

Baca juga: Solo pamerkan Buku Besar Sejarah Indonesia

Sejarahwan dan Kebudayaan Bangka Belitung Ahmad Elvian mengatakan selama ini pembelajaran sejarah hanya dilakukan di ruangan kelas secara monoton, sehingga para siswa tidak mendapatkan pengalaman belajar yang baik.

"Dengan adanya pameran sejarah seperti ini maka masyarakat khususnya pelajar memperoleh pembelajaran dan pengalaman baru dalam mengenali sejarah bangsa ini di Pulau Bangka ini," katanya.

Pendiri Museoreka Pijar Kreasi Babel Salsabilla Sakinah mengatakan pameran sejarah history goes to mall ini mengangkat tema "Van Bangka Begint de Victorie" atau Bangka awal datangnya kemenangan digelar selama tujuh hari dimulai Senin (9/3) hingga Minggu (15/3) di Transmart Kota Pangkalpinang.

Menurut dia, apa yang pertama kali di benak ketika mendengar sejarah, apakah deretan hafalan angka tahun yang membosankan, satu arah dan tanpa makna. Bisakah sejarah disajikan dengan cara menyenangkan, interaktif dan bermakna bagi kehidupan di masa sekarang.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Museoreka Pijar Kreasi merupakan sebuah lembaga yang peduli pada pengembangan dan produksi media kreatif seputar cagar budaya dan museum menjawab tantangan tersebut melalui kegiatan pameran sejarah history goes to mall.

"Kami berharap kegiatan pameran ini masyarakat khususnya generasi muda lebih mencitai, peduli dan terbuka untuk lebih mengenali sejarah bangsa ini," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020