Kami masih berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Sekarang kami lebih ke edukasi masyarakat terkait bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh,
Jakarta (ANTARA) - PT Bio Farma (Persero) terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Kami masih berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Sekarang kami lebih ke edukasi masyarakat terkait bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh," ujar Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan bahwa pihaknya juga memberikan edukasi mengenai pola hidup sehat, dan menhgunakan alat-alat bantu tertentu yang memang layak dipakai kepada masyarakat.

Baca juga: Hadapi COVID-19, Bio Farma: Stok vaksin untuk daya tahan tubuh cukup

Terkait rencana untuk melakukan kampanye vaksinasi dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19, Dirut Bio Farma itu mengatakan kampanye vaksinasi merupakan program pemerintah dan pihaknya akan mendukung hal tersebut.

"Kalau untuk kampanye ini ada program pemerintah, kami ikuti Kemenkes katakan itu, kami akan dukung," kata Honesti Basyir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengajak dunia kampus untuk bahu-membahu mencegah penyebaran COVID-19.

Erick meminta para rektor untuk melakukan sosialisasi untuk mengajak mahasiswa dan pegawai kampus menjaga lingkungan kampus agar lebih bersih.

Selain itu Erick juga mengimbau para mahasiswa untuk menjaga kebersihan, supaya Indonesia terhindar dari epidemik atau wabah COVID-19 yang bisa mengganggu perekonomian Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan dengan menjaga imunitas tetap baik dan melakukan pola hidup bersih dan sehat dapat mencegah tubuh terinfeksi virus termasuk COVID-19.

Baca juga: Bio Farma berkoordinasi dengan Menkes untuk teliti sampel corona

Menkes Terawan juga menuturkan langkah pencegahan lain adalah tidak melakukan pendekatan atau kontak dengan orang yang terindikasi terinfeksi COVID-19.

Dia mengatakan gerakan masyarakat hidup sehat harus terus dilakukan. Menjaga kesehatan tubuh juga membutuhkan tidur yang cukup dan makanan yang bersih dan sehat.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020