Menteri PUPR: Observasi di Galang rencananya dikelola TNI

Menteri PUPR: Observasi di Galang rencananya dikelola TNI

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam mengunjungi bekas Kamp Vietnam Kota Batam, Senin (9/3/2020). ANTARA/Naim/am.

pesawat mendarat 24 jam, jauh dari pemukiman
Batam (ANTARA) - Tempat observasi dan isolasi untuk pasien penyakit menular di sekitar bekas Kamp Vietnam Pulau Galang Kota Batam Kepulauan Riau rencananya akan dikelola oleh TNI, kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono​​​​.

"Dikelola oleh TNI, rencananya. Tunggu Presiden," kata Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya ke bekas Kamp Vietnam Kota Batam, Senin.

Selain untuk menangani pasien COVID-19, tempat observasi dan isolasi itu sengaja dibangun untuk mengantisipasi wabah virus serupa.

Baca juga: Menko PMK: Presiden instruksikan pembenahan Pulau Galang dua minggu
Baca juga: Fasilitas observasi di Galang butuh Rp400 miliar, sebut Menteri PUPR


Dalam kesempatan itu, Menteri menjelaskan sejumlah alasan, mengapa fasilitas observasi dan isolasi penyakit menular didirikan di Pulau Galang, di antaranya mudah diakses dibandingkan lokasi observasi sebelumnya, Lanud Raden Sadjad Ranai Natuna dan Pulau Sebaru Kepulauan Seribu.

"Di sini 'any time' pesawat mendarat 24 jam, jauh dari pemukiman," kata dia.

Pesawat dapat mendarat sewaktu-waktu di Bandara Hang Nadim Batam yang bisa dilandasi pesawat berbadan besar, serta jarak Kamp Vietnam Pulau Galang juga relatif dekat yaitu sekitar 1,5 jam dari bandara.

Baca juga: Menteri Basuki tegaskan pembangunan di Galang bukan rumah sakit
Baca juga: PUPR siapkan Rp17 miliar bangun penyaluran air Observasi Pulau Galang


"Sedangkan di Natuna, perlu dua kali penerbangan. Dan di Sebaru, sulit dijangkau karena ombak besar. Dan di sana juga sulit mendapatkan air bersih," katanya.

Sebelumnya Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan di lokasi observasi dan isolasi Pulau Galang nantinya dilengkapi dokter dan tenaga medis dari TNI, Polri dan petugas Kementerian Kesehatan, serta kelompok masyarakat yang memiliki kemampuan.

Panglima pun sudah dua kali melakukan kunjungan di Kamp Vietnam.

Bersama Kapolri, Panglima juga menggelar bakti sosial dengan masyarakat setempat dan pertemuan dengan ratusan anggotanya di ruang pertemuan di Kamp Vietnam itu.

Baca juga: Pemerintah mulai bangun RS khusus di Pulau Galang
Baca juga: RS di Galang untuk isolasi dan observasi penyakit menular
Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri gelar bakti kesehatan di Pulau Galang


Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

RS Khusus Infeksi COVID-19 di Galang resmi beroperasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar