Tamu-tamu dari beberapa negara yang sudah dilarang masuk ke Indonesia, jangan diterima dulu,
Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus COVID-19 dari wisatawan yang masuk ke daerah wisata di Kepulauan Mentawai melalui "pintu" Samudra Hindia.

"Wisatawan yang masuk lewat pintu kedatangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pasti terdata. SOP pengawasan sudah diperketat. Tapi yang masuk langsung dengan kapal pesiar dari Samudra Hindia bisa luput dari pengawasan," jelas Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Padang, Senin.

Ia menyebutkan itu bisa menjadi salah satu celah masuknya virus COVID-19 ke Sumbar, karena itu pengawasan jalur laut tersebut juga harus diperketat.

Baca juga: RSUP Sardjito rawat satu pasien asal Jepang di ruang isolasi

Nasrul menerangkan pihaknya sudah meminta kepada Dinas Pariwisata Kepulauan Mentawai untuk segera menggelar rapat koordinasi dengan asosiasi resort yang ada di sana untuk lebih waspada.

Sementara waktu resort diminta tidak menerima dulu tamu-tamu dari negara yang sudah dilarang terbang ke Indonesia.

“Tamu-tamu dari beberapa negara yang sudah dilarang masuk ke Indonesia, jangan diterima dulu. Terus, juga mengawasi bagian perairan di Samudera Hindia. Tadi, saya juga minta ke Dinas Kesehatan Mentawai untuk cek (jika ada), dimana dan berapa orang yang masuk ke Mentawai melalui Samudera Hindia. Yang jelas, kita antisipasi COVID-19 ini sebaik mungkin,” jelasnya.

Baca juga: Indonesia miliki kemampuan uji laboratorium Covid-2019

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu destinasi tujuan wisata bagi wisatawan asing, terutama yang suka dengan olah raga selancar.

Sebelumnya Pemprov Sumbar sudah memperketat seluruh jalur pintu masuk kedatangan dan keberangkatan domestik dan luar negeri di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) maupun pelabuhan.

Pemeriksaan diserahkan ke pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan. Yang perlu penanganan lanjutan, segera hubungi rumah sakit setempat. Jika diduga terjangkit penyakit di drop ke RSUP M Djamil Padang.

Selain itu otoritas Keimigrasian juga diminta untuk meningkatkan pengawasan karena ada beberapa negara yang sudah dilarang masuk ke Indonesia.

Baca juga: Arab Saudi tangguhkan pelayanan umrah untuk cegah penyebaran corona

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020