Magang perguruan tinggi hendaknya diarahkan ke wilayah laut
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyarankan agar sasaran program magang mahasiswa difokuskan di wilayah pesisir sehingga kehidupan masyarakat di wilayah pesisir semakin baik.

"Magang perguruan tinggi hendaknya diarahkan ke wilayah laut. Seperti, membangun kampung nelayan yang layak dengan fasilitas air bersih dan suasana sehat. Kemudian menyentuh kesadaran kehidupan laut yang sejahtera berkecukupan," ujar Edhy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Edhy saat menjadi pembicara seminar di Universitas Prof Moestopo, Jakarta.

Baca juga: Tata kawasan pesisir, Kemen-PUPR minta Kota Mataram buat rencana induk
Baca juga: Pemerintah harus prioritaskan penggunaan ABK perikanan dalam negeri


Edhy berharap dengan program Kampus Merdeka dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang ada di wilayah pesisir.

Dalam seminar tersebut, Menteri Edhy mengutarakan tekadnya untuk merealisasikan esensi Indonesia sebagai negara maritim.

Ia menjelaskan, arah kebijakan yang diambil diawali dengan konsultasi publik, komunikasi dengan masyarakat nelayan, pembudidaya biota kelautan, pelaku industri perikanan, pedagang, dan semua instansi kelautan sampai TNI AL. Pertimbangan kebijakan regulasi juga melibatkan para ahli dan profesional bidang kelautan.

"Semua regulasi sektor kelautan yang dikeluarkan harus berdasarkan hasil riset dan kajian, bukan kepentingan perorangan atau kelompok," terang dia.

Baca juga: KKP: Permasalahan serius yang dihadapi nelayan kurangnya infrastruktur
Baca juga: Menteri PUPR: Pembangunan kawasan nelayan tingkatkan ekonomi pesisir


Regulasi sederhana, pengawasan yang efektif dan diikuti sanksi yang jelas diyakini dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat maritim.

Rektor Universitas Moestopo (Beragama) Prof Dr Rudy Harjanto MSn mengatakan kebijakan Kampus Merdeka yang didalamnya terdapat magang selama maksimal tiga semester sangat penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya.

"Dengan magang, mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang selama ini dipelajarinya," kata Rudy.

Kemudian, apa yang diajarkan di kampus harus selaras dengan industri sehingga apa yang diajarkan dapat dipraktikkan saat magang.

Baca juga: Pengamat: Menteri berikut harus lebih berdayakan masyarakat kecil
Baca juga: Pertamina gandeng KKP penuhi kebutuhan BBM masyarakat pesisir
Baca juga: Perda Zonasi Pesisir digenjot, nasib nelayan terancam

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020