Pesan dan harapan Andrea Turk untuk Hari Musik Nasional

Pesan dan harapan Andrea Turk untuk Hari Musik Nasional

Penyanyi Andrea Putri Turk berpose seusai mengikuti wawancara khusus dengan pewarta Kantor Berita Antara di Wisma Antara, Jakarta, Senin (19/8/2019). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/ama.

Jakarta (ANTARA) - Andrea Putri Turk, penyanyi dan penulis lagu yang juga piut dari kakak kandung Wage Rudolf Soepratman, mengungkapkan pesan dan harapannya pada Hari Musik Nasional, Senin (9/3).

"Semoga masyarakat Indonesia tetap mengingat perjuangan WR Soepratman melalui lagu Indonesia Raya dan karya-karya beliau yang lain pada Hari Musik Nasional ini yang juga merupakan hari lahir beliau," kata Andrea yang dihubungi ANTARA via WhatsApp.

Kepada generasi milenial Indonesia, Andrea berpesan agar mereka menjaga semangat nasionalisme yang tinggi dan mau lebih banyak meng-cover lagu nasional dan menunjukkan kebangaan terhadap Tanah Air tercinta.

"Kita harus bangga menjadi orang Indonesia, bangga akan keberagaman dan Pancasila kita, dan dengan bangga itu kita harus menunjukkan kepada dunia melalui lagu & musik kita, terutama gamelan yang kaya akan suara," katanya.
 
ANDREA PUTRI TURK. Penyanyi Andrea Putri Turk menjawab pertanyaan saat mengikuti wawancara khusus dengan wartawan Kantor Berita Antara di Wisma Antara, Jakarta, Senin (19/8/2019). Pada peringatan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019), Andrea Putri Turk menyanyikan salah satu lagu nasional berjudul "Tanah Airku" yang diciptakan oleh Ibu Sud. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.


Baca juga: Andrea Turk sumbangkan keuntungan "Konser Intimate" untuk anak kanker

Baca juga: Tiga fakta menarik tentang Andrea Turk

Baca juga: Bincang bersama Andrea Turk, piut kakak WR Soepratman


Ditanya mengenai industri musik Indonesia, Andrea mengatakan bahwa permusikan Indonesia saat ini sudah berkembang pesat dengan banyak hadirnya musisi-musisi muda baik yang sudah komersial maupun yang independen.

Indonesia masih memerlukan support (dukungan) dari pemerintah dan industri untuk musisi-musisi muda yang sangat berbakat dengan mengadakan festival-festival musik di Indonesia dan di luar negeri untuk musisi muda berbakat sehingga bisa dilirik secara internasinal.

Andrea berharap pemerintah bekerja sama dengan industri musik lokal untuk membantu mengangkat musisi-musisi lokal agar mendapat kesempatan untuk berpartisipasi di festival-festival bergengsi di mancanegara.

"Saya usulkan perlu di buat platform khusus dari pemerintah untuk semua musisi agar mereka buat lagu baru dan via platform diekspos ke publisher di luar negeri, terutama USA," kata Andrea menjelaskan harapannya.

Andrea juga yakin dan percaya bahwa para musisi Indonesia yang sangat banyak dan sangat berbakat bisa bersaing di luar negeri dan punya tempat di AS dan pasar global.

Andrea yang sekarang masih kuliah di California Institute of the Art di Los Angeles, AS, juga mengaku mempunyai beberapa musisi idola di Indonesia.

Beberapa musisi idola yang telah menginspirasi Andrea antara lain Addie MS, Purwa Tjaraka, dan Sapta Kusbini. "Dan saya berharap suatu hari saya dapat berkolaborasi sama beliau-beliau yang luar biasa hebat ini."

"Dari non maintream artist saya paling suka Eka Gustivana, Petra Sihombing dan Danilla Riyadi, karena kreativitas mereka yang sangat out of the box," tambah Andrea.

Baca juga: Hari Musik Nasional, Via Vallen hingga Armada terima royalti terbesar

Baca juga: Hari Musik Nasional, perlu diperingati seperti apa?

Baca juga: Melly Goeslaw, Yuni Shara hingga Rian D'Masiv rayakan Hari Musik

Baca juga: Agnez Mo hingga NIKI, musisi Indonesia berprestasi

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Musisi Andrea Turk ajak pemuda Indonesia berprestasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar