Sepak Bola Dunia

FIFA dan AFC sepakat tunda kualifikasi Piala Dunia zona Asia

FIFA dan AFC sepakat tunda kualifikasi Piala Dunia zona Asia

Markas FIFA di Swiss (fifa.com)

Jakarta (ANTARA) - FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sepakat menunda pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Asia pada Maret dan Juni karena wabah virus corona, kata badan sepak bola dunia itu seperti dikutip Reuters, Senin.

"Menyusul konsultasi dengan anggota asosiasi-asosiasi Asia, FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sepakat menunda kualifikasi Asia mendatang untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022," umum FIFA.

Pertandingan China melawan Maladewa di kandang sendiri dan tandang melawan Guam dipindahkan ke Buriram, Thailand dan direncanakan dimainkan di sebuah stadion kosong penonton, namun sekitar dua puluhan pertandingan dijadwalkan diadakan di seluruh benua ini pada dua hari laga, yakni 26 Maret dan 31 Maret.

32 pertandingan berikutnya dijadwalkan untuk dimainkan selama jeda internasional kedua pada dua hari pertandingan, yakni 4 dan 9 Juni.

Baca juga: PSSI terima keputusan AFC terkait virus corona atas dasar kemanusiaan

FIFA menambahkan bahwa pertandingan-pertandingan itu masih bisa dilanjutkan jika asosiasi-asosiasi anggota mengizinkan bertanding berdasarkan kesepakatan bersama dan standard keselamatan dipenuhi yang terlebih dahulu harus disetujui FIFA dan AFC.

FIFA juga menambahkan bahwa pertandingan-pertandingan kualifikasi mendatang untuk turnamen-turnamen sepak bola Olimpiade akan dimainkan sesuai jadwal, dengan kekecualian playoff kualifikasi sepak bola putri Olimpiade antara Korea Selatan dan China.

Playoff itu akan diadakan selama jendela internasional 1 sampai 10 Juni.

FIFA dan AFC juga mengumumkan tanggal-tanggal baru untuk Futsal Championship Turkmenistan AFC yang sudah dijadwalkan pada 26 Februari sampai 8 Maret, dan kini akan diadakan dari 5 sampai 16 Agustus.

Baca juga: Tiga laga timnas Indonesia ditunda antisipasi virus corona

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar