Pada pukul 10.30 WIB, rupiah bergerak menguat 35 poin atau 0,24 persen menjadi Rp14.358 per dolar AS
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa berpeluang menguat seiring stimulus yang disiapkan sejumlah negara menghadapi wabah COVID-19.

Pada pukul 10.30 WIB, rupiah bergerak menguat 35 poin atau 0,24 persen menjadi Rp14.358 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.393 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah Selasa pagi melemah 17 poin
Baca juga: Dolar di Tokyo diperdagangkan di sekitar kisaran 103,12 yen


Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa, mengatakan, saat ini sentimen masih negatif untuk aset berisiko, termasuk rupiah.

"Tapi, dari semalam ada berita soal negara-negara maju bersiap mengeluarkan stimulus seperti Italia, Jepang, AS dan Kanada. Ini mungkin bisa menjadi berita positif untuk risk asset termasuk rupiah," ujarnya.

Pemerintah Italia akan merogoh kocek anggaran lebih dalam guna mengimbangi dampak wabah COVID-19 terhadap perekonomiannya.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan pihaknya akan menggunakan "terapi kejut" untuk keluar dari keadaan darurat dan akan mengerahkan seluruh sumber daya manusia dan ekonomi.

Sebelumnya, Menteri Ekonomi Italia Roberto Gualtieri pekan lalu menjanjikan sekitar 7,5 miliar euro untuk membantu ekonomi menahan wabah COVID-19, dengan meningkatkan target defisit anggaran tahun ini menjadi 2,5 persen dari 2,2 persen.

Dalam menghadapi dampak buruk yang ditimbulkan oleh wabah COVID-19 terhadap perekonomian, sejumlah negara juga mengambil langkah-langkah kebijakan ekonomi ekstra.

Kerugian yang diderita oleh berbagai perusahaan atau maskapai penerbangan karena terjadinya pembatasan bahkan penghentian sementara operasi penerbangan, memaksa otoritas penerbangan sipil di China menurunkan biaya-biaya operasional terkait pemakaian jasa bandara.

COVID-19 juga menimbulkan dampak buruk di sektor industri olahraga, terutama yang melibatkan penonton dalam jumlah besar seperti sepak bola. Italia termasuk negara yang membatalkan sejumlah pertandingan Liga Serie A akibat merebaknya COVID-19.

Ariston memprediksi rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp14.260 per dolar AS hingga Rp14.500 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Selasa menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp14.411 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.342 per dolar AS.

Baca juga: Yen dan franc melonjak, dampak risiko buruk karena minyak dan corona
Baca juga: Rupiah Senin sore anjlok, dipicu meluasnya COVID-19 di luar China

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020