Per 9 Maret 2020 sudah ada 6,27 juta WP OP yang melaporkan SPT 2019
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Tahun 2019 dengan didampingi Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Jakarta, Selasa.

Sri Mulyani melaporkan SPT pajak secara online yakni e-filing dengan dibantu Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo.

"Hari ini, kami jajaran Kemenkeu ingin menunjukkan ke masyarakat mengenai kewajiban membayar pajak orang pribadi," katanya di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu.

Baca juga: Wapres Ma'ruf laporkan SPT Pajak 2019

Sri Mulyani mengatakan Kemenkeu ingin memberikan contoh yang baik kepada masyarakat terkait kewajiban pelaporan SPT tersebut, sehingga dapat mendorong wajib pajak (WP) yang belum memenuhi kewajibannya.

"Saya senang peranan dari role model atau keteladanan itu penting. Saya di Kemenkeu sampaikan ke masyarakat, meski kami urus keuangan negara, tapi kami juga WP, jadi kami ingin melaksanakan kewajiban pembayaran pajak OP (orang pribadi)," katanya.

Sri Mulyani menekankan bagi masyarakat yang memiliki pendapatan di atas penghasilan tidak kena pajak (PTKP) atau lebih dari Rp54 juta per tahun, maka wajib membayar pajak dan melaporkan SPT sampai batas yang ditentukan yaitu 31 Maret 2020.

"Waktu pembayaran pajak itu mulai Januari sampai Maret. Begitu tahu pendapatan satu tahun, maka orang pribadi yang punya pendapatan di atas Rp54 juta per tahun wajib bayar pajak pribadi dan serahkan SPT," ujarnya.

Sri Mulyani juga menyebutkan kesadaran masyarakat memenuhi kewajibannya pada tahun ini cukup meningkat yaitu per 9 Maret 2020 sudah ada 6,27 juta WP OP yang melaporkan SPT 2019.

Angka tersebut meningkat 34 persen dibandingkan periode sama pada tahun lalu yaitu 4,73 juta WP pribadi yang melaporkan SPT pajaknya.

"Dari yang disampaikan Pak Suryo, tahun ini perkembangannya cukup menggembirakan. Berita positif kedua yaitu dari 6,27 juta tersebut hanya 262 ribu orang yang bayar masih manual," katanya.

Sri Mulyani berterima kasih kepada WP yang telah melaporkan SPT maupun membayar pajaknya dan diharapkan dapat diikuti oleh WP OP lain sehingga penerimaan pajak tetap terjaga di tengah kondisi perekonomian yang tertekan sekarang ini.

"Saya sebagai Menkeu berterima kasih ke 6,2 juta WP OP yang sudah serahkan SPT dan bayar pajak. Diharapkan bisa diikuti WP OP lain sehingga penerimaan pajak kita untuk tahun ini akan tetap terjaga," katanya.

Baca juga: Presiden minta wajib pajak isi SPT tepat waktu
Baca juga: Begini cara mengisi SPT Pajak "online"

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020