Cegah COVID-19, di Labuan Bajo penumpang kapal asing wajib diperiksa

Cegah COVID-19, di Labuan Bajo penumpang kapal asing wajib diperiksa

Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Agustinus Dulla (tengah) ketika membuka kegiatan rapat koordinasi antisipasi penularan virus COVID-19 di Labuan Bajo, Senin (9/3/2020). (FOTO ANTARA/HO - Dinas Kominfo, Kabupaten Manggarai Barat.)

Saya menghimbau agar dilakukan pemeriksaan terhadap para penumpang kapal asing yang masuk ke Labuan Bajo dalam rangka menjaga stabilitas pariwisata akibat dampak virus COVID-19
Kupang (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur Agustinus Dulla mengatakan bahwa seluruh penumpang kapal asing yang menyingahi Labuan Bajo wajib diperiksa guna mencegah masuknya virus COVID-19 ke daerah tujuan wisata internasional itu.

"Saya menghimbau agar dilakukan pemeriksaan terhadap para penumpang kapal asing yang masuk ke Labuan Bajo dalam rangka menjaga stabilitas pariwisata akibat dampak virus COVID-19," katanya dalam rapat koordinasi lanjutan Tim Gerak Cepat (TGC) kewaspadaan menghadapi virus COVID-19 melalui pernyataan yang diterima di Kupang, Selasa.

Bupati menegaskan pemeriksaan terhadap semua penumpang kapal asing wajib dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas pariwisata di Labuan Bajo.

Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Ende itu mengapresiasi terhadap TGC kewaspadaan COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat yang telah melakukan berbagai upaya guna mencegah masuknya virus itu ke kabupaten ujung barat Pulau Flores itu.

"Saya berterima kasih kepada semua yang telah dilakukan TGC dalam mencegah masuknya COVID-19. Untuk itu perlu keterlibatan semua pihak dan berkoordinasi secara baik guna menjaga daerah dan kepariwisataan daerah ini,"  kata Agustinus Dulla.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Paulus Mami menambahkan TGC telah melakukan beberapa langkah strategis dalam mencegah COVID-19 di antaranya melakukan rapat persiapan sektor kesehatan dan rapat kordinasi tingkat organisasi perangkat daerah (OPD).

Selain itu, tim TGC juga gencar melakukan sosialisasi kepada tenaga kesehatan di puskesmas dan pemasangan spanduk tentang pencegahan COVID-19.

Ia mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan TGC adalah membangun kepercayaan diri petugas medis di daerah ini untuk melayani masyarakat dengan tidak perlu khawatir yang berlebihan dalam upaya kesiapsiagaan COVID-19.

"Kami mengimbau masyarakat Manggarai Barat untuk memerhatikan asupan gizi yang seimbang, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, jaga kebersihan lingkungan dan membiasakan cuci tangan setelah beraktivitas guna mencegah penularan penyakit," demikian Paulus Mami. 

Baca juga: Kapal MV Coral Adventure berlabuh di Kupang, petugas cek kesehatan

Baca juga: PMI NTT di Hong Kong minta bantuan pemprov kirim masker

Baca juga: Pemprov NTT beri perhatian serius untuk virus corona


 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Riau siapkan 2 hotel bintang 4 untuk pasien COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar